1. HOME
  2. OTOTALK

Ini Tren Mobil di Indonesia pada 2016

Masyarakat Indonesia lebih suka mobil stylist dan terlihat modern.

By Rohimat Nurbaya 30 Desember 2015 07:00

Money.id - Pada 2016 industri otomotif Indonesia diprediksi tidak jauh beda dengan 2015. Mobil irit bahan bakar dan Low Cost Green Car (LCGC) tetap jadi primadona konsumen di Tanah Air.

Pengamat otomotif, Bebin Djuana mengatakan meski bahan bakar jenis premium harganya turun, tetapi kondisi kondisi perekonomian Indonesia diprediksi masih lesu. Sebab membeli mobil paling perlu diperhatikan adalah masalah perawatan after sales.

"Sehingga tentunnya konsumen harus berhati-hati dalam pengeluaran sehari-hari. Mungkin mampu beli dan mencicil tapi pengeluaran juga harus diperhatikan," kata Bebin kepada Money.id, Selasa 29 Desember 2015.

Selain itu, masyarakat Indonesia lebih suka mobil (Multi-Purpose Vehicle) dengan desain stylist dan terlihat modern.

"Jadi saya kira belum ada perubahan, konsumen Indonesia minatnya mobil muat tujuh hingga delapan orang," ujarnya.

Beberapa mobil MPV yang laku di pasaran Indonesia saat ini adalah:

1. Toyota Avanza

(toyotafairview.com)

Produksi teranyar dari mobil ini ditawarkan dalam dua varian mesin, yaitu berkapasitas 1.300 cc berkode K3-VE dan 1.500 cc berkode 3SZ-VE.

Daya maksimum sebesar 104 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm beserta torsi puncak 13,9 kgm pada putaran 4.400 rpm. Avanza terbaru memiliki desain lebih stylist dan berotot.

2. Toyota All New Kijang Innova

(Money.id/Rohimat Nurbaya)

Innova teranyar terdiri dari dua pilihan mesin, yakni menggunakan bahan bakar bensin dan solar.

Semua mobil itu menggunakan bahan bakar bensin dan dibekali mesin sekelas sedan berkapasitas 2.000 cc dengan teknologi dual VVT-i.

Kemudian untuk line up berbahan bakar diesel, All New Kijang Innova menggunakan mesin Diesel baru tipe GD berkapasitas 2.400 cc.

Innova tipe ini didukung teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) dan Intercooler yang kinerjanya sudah teruji.

3. Daihatsu Xenia

(daihatsu.co.id)

Produksi terbaru mobil ini diberi nama Great New Xenia dengan dibekali mesin 1.300 cc EFI Dual VVT-i. Pada mesin terbaru dibantu Electronic Throttle System.

Alat itu berfungsi untuk mengatur respons mesin supaya lebih presisi dengan kinerja pedal gas, hal ini berguna untuk menjaga efisiensi bahan bakar.

4. Suzuki Ertiga

(autoevolution.com)

Mobil ini dibekali mesin dengan kapasitas 1.400 cc yang menggunakan teknologi DOHC, 16 katup, VVT dan 4 Silinder segaris.

Pada mesin mobil itu dilengkapi dengan Multi Point Injection, untuk menyuplai bahan bakar secara elektronik yang menghasilkan pembakaran sempurna sehingga membuat mesin memiliki performa lebih baik dan pembuangan gas buang minimal.

5. Honda Mobilio

(ndtvimg.com)

Mobil ini dibekali mesin tipe 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Kemudian ditambah sistem pembakarannya lebih modern yakni PGM-FI. Sehingga membuat mobil tersebut lebih irit konsumsi bahan bakar.

6. Honda BR-V

(carlist.my)

Mobil ini baru akan dirilis pada 2016. Honda BR-V memiliki ukuran panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.650 mm serta jarak body dengan roda 2.660 mm.
Dimensi Honda BRV ini lebih tinggi dari Honda Mobilio.

Pada mesin mobil ini juga dibekali dengan teknologi mesin i-VTEC, yaitu teknologi pengatur katup mesin seperti pada mobil Honda lain seperti Honda Jazz dan Mobilio.

7. Nissan Grand Livina

(motortrader.com.my)

Mobil ini dibekali dengan mesin 1.500 cc atau 1.800 cc. Transmisi yang tersedia adalah 5 speed manual untuk varian 1.500 cc. Kemudian untuk 1.800 cc tersedia 6 speed manual dan 4 speed otomatis. (poy)

(rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section