1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Rokok Bisa Merusak Mobil Anda!

Kebiasaan buruk merokok di dalam mobil ternyata bisa menyebabkan...

By Rohimat Nurbaya 7 Januari 2016 08:01
Ilustrasi AC di dalam kabin kendaraan (toyota.astra.co.id)

Money.id - Tahukah Anda, kebiasaan buruk merokok di dalam mobil ternyata bisa menyebabkan Air Conditioner (AC) cepat rusak loh. Bagaimana cara agar rokok itu tidak merusak AC mobil? 

Saat mengemudi atau jadi penumpang, perokok aktif biasanya tetap merokok sambil AC tetap dinyalakan dan kaca jendela mobil dibuka.

Dikutip dari website resmi Toyota Astra Motor, kebiasaan buruk merokok di dalam mobil akan membuat saringan AC cepat kotor. Bila hendak merokok sambil berkendara, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu sebelum saringan pendingin kabin mobil itu kotor dan rusak.

Apabila AC sudah dimatikan, Anda bisa membuka kaca jendela mobil. Setelah selesai merokok, tutup kembali jendela dan pendingin bisa dinyalakan lagi.Hal ini perlu dilakukan bukan hanya karena masalah asap rokok, namun kotoran dan debu bisa masuk ke dalam mobil karena kaca jendela sering dibuka.

Biasanya, mobil yang diproduksi dari 2012 ke atas pasti sudah dilengkapi filter AC yang ditempatkan di dalam kabin. Saringan kotor bisa membuat AC mengalami masalah, seperti tidak dingin dan lain sebagainya.

Nah, untuk merawat AC sebaiknya saringan harus sering dibersihkan, minimal setiap enam bulan sekali atau setiap 10.000 kilometer.

Kemudian untuk mobil yang jarang digunakan sebaiknya sering memanaskan mobil, kemudian AC ikut dinyalakan sekitar lima hingga tujuh menit.

Sama halnya dengan ban yang bisa berkurang tekanan anginnya karena jarang digunakan, AC juga pasti akan memiliki dampak sama apabila sering tidak digunakan.

Tapi, jauh lebih baik jika Anda tidak merokok. Selain sehat untuk tubuh, 'sehat' juga untuk mobil Anda. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section