1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

5 Mobil Listrik Paling Keren di Dunia

Jangan salah, kecepatan mobil dengan bahan bakar listrik ini mampu menyaingi supercar.

By Dwifantya Aquina 31 Desember 2015 18:13
Mobil listrik supercar paling keren di dunia (Renovo Motors)

Money.id - Berkat perusahaan seperti Tesla, mobil listrik akhir-akhir ini menjadi tren yang cukup keren.

Namun Elon Musk dan karyawannya di Tesla tidak punya hak monopoli atas kendaraan tenaga listrik. Tentu, Tesla mungkin satu-satunya perusahaan yang mengeluarkan mobil listrik dengan pintu Falcon Wing, tapi ada banyak mesin ramah lingkungan lainnya di luar sana.

Tanpa urutan tertentu, berikut adalah lima mobil listrik paling keren lainnya di dunia seperti dikutip laman mashable.com.

Renovo Motors Coupe

Merek Renovo identik dengan supercar listrik yang semuanya produksi Amerika - bukan hanya secara geografis, tetapi juga gayanya. Maksudnya model mobil listrik Coupe yang diproduksi Renovo terlihat begitu Amerika. Tidak hanya bodinya terlihat jelas Amerika, sasis disediakan oleh Shelby dari Amerika dan terinspirasi oleh mobil sport Amerika yang memenangkan 1964 Le Mans.

Coupe menghasilkan tenaga 500 HP dan torsi 356 Nm. Itu berarti Coupe bisa berakselerasi dari 0 hingga 60 mph dalam waktu kurang dari 3,4 detik, menjadikannya supercar listrik tercepat. Untungnya, itu bukan satu-satunya fitur unggulan dari Coupe. Untuk isi cepat, baterai mobil ini bisa terisi dalam 30 menit dan jika diisi penuh butuh waktu hanya lima jam.

Morgan EV3

Mobil listrik buatan Inggris ini mungkin yang paling tidak lazim dalam dunia mobil listrik. EV3 dibuat dari mobil Morgan 3 dengan tiga roda yang diperkenalkan pada tahun 2011. Alih-alih mesin sepeda motor bensin dua silinder di depan seperti kakaknya, EV3 didukung oleh motor listrik 45-kilo-Watt (kW) untuk menggerakkan roda belakang. Morgan memperkirakan EV3 akan baik-baik saja jika diajak menempuh perjalanan sejauh 241 kilometer.

Namun, itu semua tergantung pada bagaimana Anda mengendarainya. Jika Anda berharap untuk test drive salah satu sepeda roda tiga ramah lingkungan ini sebelum Anda membeli, pikirkan lagi. Morgan tidak diproduksi massal karena hanya akan dibuat berdasarkan pesanan. Tidak seperti mobil listrik lainnya dalam daftar ini, EV3 dibuat tanpa atap sehingga Anda tetap seperti mengendarai sepeda motor.

Audi R8 e-tron

Anda mungkin tidak tahu bahwa perusahaan otomotif Jerman ini juga membuat versi listrik dari supercar R8 dengan bentuk bodi, warna dan interior yang sama. Motor listrik yang tertanam di dalam e-tron menghasilkan 340 kW, hampir 7,5 kali lebih besar dari Morgan. Dengan suplai listrik yang besar, mobil listrik Teutonik ini mampu melesat 62,1 mph dari posisi diam dalam 3,9 detik.

Selain itu, e-tron juga menawarkan daya jelajah hampir 450 kilometer. Kabarnnya R8 e-tron telah meminjamkan teknologi listrik powertrain-nya untuk Volkswagen Microbus EV, yang dijadwalkan menjalani debut di CES 2016.

Tesla Model X

Model X adalah satu-satunya mobil listrik buatan Tesla yang dibangun dengan desain dan fitur yang membuat siapa saja ingin memilikinya. Selain pintu bergaya Falcon Wing, Model X bisa melesat dari posisi diam ke 60 mph dalam waktu 3,2 detik. Hanya saja jangkauan tempuhnya masih kalah dari R8 e-tron karena Model X bisa menempuh jarak 402 kilometer sekali charge. Yang menarik dari Model X adalah interior dan panelnya yang dibuat dengan fungsi dan tampilan yang sangat futuristik.

Di konsolnya ada layar sentuh sebesar tablet, pintunya membuka sendiri ketika pemilik mulai mendekat. Tesla mengklaim Model X adalah SUV paling aman dengan bodi yang begitu kuatnya hingga merusak peralatan saat melakukan uji coba tabrakan. Jika itu belum cukup, Tesla juga membekali Model X dengan mesin HVAC lengkap dengan sebuah tombol pertahanan diri yang disebut Bioweapons Defense Mode Button.

Honda CR-Z prototype

Akhirnya, kita sampai pada satu-satunya mobil dalam daftar yang belum siap diproduksi massal. Honda CR-Z prototype adalah mobil listrik yang sama sekali berbeda. Jika pada mobil listrik umumnya motor listrik ditaruh dalam satu blok mesin, di Honda CR-Z prototype ini motor listrik diletakkan di ke-empat rodanya. Dengan empat motor yang menghasilkan listrik 100%, mobil ini pasti sangat cepat.

Mobil ini dimaksudkan untuk mendemonstrasikan masa depan dari teknologi mobil listrik Honda yang dikenal dengan Super-Handling All-Wheel Drive (SH-AWD). Bukti kecepatan Honda CR-Z prototype tercatat saat mendaki gunung di Pikes Peak awal tahun ini. Lengkap dengan sayap besar di bagian belakang, Honda CR-Z prototype bisa ke puncak gunung dalam waktu 10:23,829 menit.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section