1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS DAN TRIK

Susah-susah Gampang Merawat Motor Matik

Biasanya servis ringan motor matik meliputi pembersihan karburator, pompa sekaligus selang bahan bakar.

By Rohimat Nurbaya 29 Desember 2015 11:30
Motor matik Yamaha (yamaha-motor.co.id)

Money.id - Saat ini motor matik banyak digemari, terutama kaum hawa. Tetapi motor jenis ini perlu perawatan tidak biasa supaya lebih awet dan memiliki performa mesin tetap bagus.

Meski demikian, perawatan itu bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, bila Anda buta mengenai perawatan sepeda motor motor matik, lebih baik langsung dibawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan saja.

Dikutip dari davefeldberg.com, ada beberapa cara sederhana untuk merawat motor matik tidak cepat rusak. Berikut daftarnya:

1. Panaskan motor sebelum digunakan

Pada pagi hari, biasakan untuk memanaskan mesin motor matik sebelum digunakan. Tujuan memanaskan mesin agar oli mesin dapat bekerja secara optimal dan bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin, sehingga bila digunakan di jalan tidak ada masalah.

Pada saat memanaskan, tidak perlu menarik tuas gas agar mesin dalam motor tidak cepat aus. Yang perlu Anda lakukan adalah menghidupkan mesin sekitar 4-5 menit dan diamkan dalam keadaan tetap menyala.

2. Lakukan servis rutin

Bagi pemilik sepeda motor matik baru atau lama, harus rajin melakukan servis secara teratur. Biasanya servis ringan motor matik meliputi pembersihan karburator, pompa, sekaligus selang bahan bakar. Selain itu, cek bagian bagian pengapian, seperti baterai dan busi. Semua harus dibersihkan.

Periksa juga kaki-kaki motor, shockbreaker, ban, knalpot, rantai, bagian roda, dan rem. Apabila sudah terdeteksi ada bagian yang kurang stabil langsung diperbaiki atau diganti.

Kemudian paling penting untuk motor matik: jangan lupa untuk mengganti oli mesin dan oli gardan. Pilih oli mesin khusus untuk sepeda motor matik.

3. Cuci motor secara teratur

Dengan mencuci sepeda motor secara teratur minimal seminggu sekali atau setiap kali dipakai dalam hujan bisa membuat body motor matik lebih tahan lama dan akan terlihat lebih kinclong.

Tetapi jangan menggunakan deterjen saat mencuci karena hanya akan membuat warna body jadi pudar. Deterjen itu bersifat panas, sehingga lambat laun merusak cat.

Lebih baik menggunakan sampo khusus untuk sepeda motor, biasanya dapat dibeli di toko suku cadang motor atau pasar swalayan. Selain itu apabila sepeda motor matik selalu bersih akan jadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Perlakukanlah sepeda motor seperti keluarga sendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih hati-hati saat mengendarainya sehingga tidak mudah rusak. Mesin motor lebih awet dan body juga tidak banyak cacat. Dengan begitu ketika dijual harganya akan tetap tinggi. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section