1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Garam Bisa Jadi Faktor Penting Penyelamat Pengendara

Dengan menaburkan garam di atas permukaan aspal, proses pembekuan tidak akan terjadi.

By Adhi 5 Januari 2016 08:22
Ilustrasi jalanan membeku (mlive.com)

Money.id - Para pengendara kendaraan, baik motor dan mobil, di negara-negara yang memiliki musim dingin tentunya harus menghadapi tantangan yang lebih berat. Di saat musim dingin tiba, permukaan aspal akan membeku, sehingga menjadi sangat licin. Diperlukan kehati-hatian ekstra dalam melintasinya.

Meski sudah berarti, faktanya permukaan jalan yang membelu masih menjadi faktor penyebab kecelakaan terbesar di Amerika Serikat di masa musim dingin. Namun begitu, menurut kelompok peneliti dari Koç University, Turki, masalah ini bisa diatasi dengan mudah dengan alat bantu yang sudah tak asing lagi dan dapat ditemui sehari-hari.

Dikutip dari laman Digital Trends, Senin 4 Desember 2016, hasil riset menemukan fakta bahwa garam dapat menjadi faktor penentu keselamatan pengemudi di jalanan yang beku. Dengan menaburkan garam di atas permukaan aspal, proses pembekuan tidak akan terjadi. Selain itu, dengan garam, jalan yang sudah kadung beku dan tertutup salju pun akan dapat dengan capat mencair.

Namun patut dicatat, menaburkan garam di atas permukaan jalan hanyalah solusi sementara. Ban kendaraan yang melintas lama-kelamaan akan mengikis garam tersebut dari permukaan aspal.

Sebagai solusi, ada cara yang lebih efektif, yakni dengan menciptakan jenis aspal baru. Tim peneliti dari Koc University mencoba mencampur komposisi aspal dengan garam untuk menciptakan jenis aspal yang antibeku.

Para peneliti berharap hasil riset ini nanatinya bisa diterapkan di jalanan umum dalam beberapa tahun ke depan.

 

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section