1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Catat! Ini Bahaya Mengisi Baterai Ponsel di Mobil

Ada teknik khusus apabila terpaksa harus mengisi baterai ponsel di dalam mobil.

By Rohimat Nurbaya 10 Januari 2016 17:00
Ilustrasi mengisi baterai ponsel di dalam mobil (toyota.astra.co.id)

Money.id - Semakin canggihnya teknologi membuat banyak terobosan di dunia otomotif, tidak hanya bisa menonton televisi di dalam mobil, kini Anda bisa mengisi ulang baterai di dalam kendaraan.

Dikutip dari website resmi Toyota Astra Motor, Minggu 10 Januari 2016 saat ini sudah banyak sekali pemilik kendaraan yang melakukan kegiatan pengisian ulang baterai ponsel di dalam mobil.

Alasan utamanya adalah karena kepraktisan serta bisa multitasking dengan memantau arus komunikasi di ponsel meski sedang dalam perjalanan.

Pengisian ulang baterai ponsel ini biasanya dilakukan menggunakan output lighter atau sambungan korek listrik yang terpasang di dalam mobil.

Bagi kendaraan roda empat yang tidak dilengkapi fitur tersebut kini juga sudah bisa memanfaatkan aksesoris aftermarket yang sudah banyak tersedia di toko-toko aksesoris otomotif.

Tetapi ternyata penggunaan power output yang berasal dari pemantik api (lighter) akan memperpendek masa pakai baterai gadget.

Alasannya karena tegangan kelistrikan mobil kurang stabil seiring dengan putaran mesin yang turun-naik atau hidup-matinya sistem kelistrikan mobil yang mendistribusikan arus listrik ke AC, audio, dan lampu-lampu.

Kondisi seperti ini akan berpengaruh terhadap tegangan output pada alternator. Dampak lain yang tidak diinginkan juga bisa terjadi, misalnya saja menggembung atau bahkan meledaknya baterai ponsel itu sendiri.

Bila terpaksa harus mengisi melalui output lighter ini, ada beberapa langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan.

Pertama adalah, menjauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kertas, busa maupun kain.

Selain itu, disarankan untuk menggunakan baterai dan charger yang berkualitas sesuai dengan standar pabrikan ponsel atau gadget yang digunakan.

Langkah antisipasi lainnya adalah segera hentikan proses pengisian baterai apabila ponsel atau charger menjadi panas.

Ada baiknya menghindari pula melakukan telepon atau menerima telepon saat baterai ponsel sedang diisi ulang. Sebaiknya lepas charger dari ponsel ketika harus menelepon atau menerima telepon.

Terakhir, jauhkan dari sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebihan saat menyimpan baterai ponsel. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section