1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Melemah

Rupiah dibuka melemah 32 poin ke level Rp13.867 per US dolar

By Desy Afrianti 14 Januari 2016 11:00
Dolar/Dwi Narwoko

Money.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dibuka melemah pada perdagangan hari ini, Kamis 14 Januari 2016.

Rupiah dibuka melemah 32 poin ke level Rp13.867 per US dolar dibanding perdagangan hari sebelumnya Rp13.835.

Mengutip Bloomberg, nilai tukar diprediksi bergerak di rentang Rp13.857 hingga Rp13.867 per US$ dolar.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada memprediksi rupiah akan bergerak menguat di perdagangan hari ini.

Membaiknya data ekonomi China berhasil membuat US$ dolar melemah terhadap mata uang dunia khususnya di negara berkembang seperti USDCNY, USDIDR, serta USDCAD.

Namun, penguatan beberapa mata uang dunia terhadap dola AS juga merupakan faktor kebijakan pemerintahan dalam negara itu sendiri untuk menstabilkan mata uangnya.

Seperti pemerintahan Indonesia yang mengeluarkan satu kebijakan yang membuat pelaku pasar optimistis terhadap penguatan rupiah. Pemerintah melakukan berbagai upaya dalam membantu BI dalam mengendalikan kurs.

Salah satu upaya adalah melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 123 tahun 2015 tentang Pajak Penghasilan (PPh) atas Bunga Deposito dan Tabungan Serta Diskonto Sertifikat Bank Indonesia.

"Dalam hal ini intinya ialah pemerintah memangkas pajak deposito yang bersumber dari Devisa Hasil Ekspor (DHE) dalam US dolar dan rupiah yang ditempatkan di perbankan nasional," ujarnya dalam riset harian seperti dikutip dari Merdeka.com.

Jelang rilisnya data-data ekonomi Indonesia, Reza memperkirakan laju rupiah akan berada di support 13.850 dan resisten 13.773.

Diharapkan pelemahan yang terjadi pada rupiah tidak berlanjut sehingga masih memungkinkan untuk kembali menguat.

"Tetapi, juga perlu diwaspadai jika nantinya hasil dari RDG BI tidak sesuai dengan ekspektasi pasar sehingga dapat kembali melemahkan laju rupiah. Tetap perhatikan sentimen yang ada," ujarnya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section