1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Rupiah Melemah, Dekati Level Rp14 Ribu Per Dolar

Nilai rupiah mencapai Rp13.940 per USD atau minus 18 poin dibandingkan perdagangan akhir pekan lalu.

By Desy Afrianti 11 Januari 2016 10:10
Ilustrasi uang

Money.id - Awal pekan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dibuka melemah dan hampir menyentuh level Rp14.000 per USD.

Pada Senin 11 Januari 2016, nilai rupiah mencapai Rp13.940 per USD atau minus 18 poin dibandingkan perdagangan akhir pekan lalu Rp13.922 per USD.

Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada memperkirakan meredanya pelemahan yuan dan imbas rilis kenaikan cadangan devisa sebanyak USD 5,7 miliar menjadi USD 105,9 miliar mampu memberikan sentimen positif sehingga laju rupiah dapat berbalik positif.

Begitupun dengan imbas kenaikan yen setelah beberapa data Jepang menunjukkan adanya peningkatan antara lain Forex reserves dan coincident index turut memberikan kesempatan positif bagi laju rupiah.

Tidak hanya itu, perkiraan Bank Indonesia terkait cadangan devisa di mana posisi cadangan devisa terakhir dapat membiayai 7,7 bulan impor atau 7,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah dapat menambah sentimen positif.

"Perkiraan sebelumnya di mana laju rupiah berpotensi melanjutkan pelemahan tampaknya tidak terjadi di mana rupiah mampu menguat di akhir pekan kemarin," ujarnya dalam riset harian seperti dikutip dari Merdeka.com.

Jika asumsinya sentimen dari rilis cadangan devisa tersebut masih ada, maka kenaikan laju rupiah pun masih dapat berlanjut.

"Namun demikian, tetap cermati sentimen yang ada dan perubahan laju rupiah (jika terjadi). Laju Rupiah diperkirakan akan bergerak dengan target support 13.880 dan resisten 13.865."

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section