1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Cara Dapatkan Penghasilan Tambahan bagi Pensiunan

Pensiunan di AS mungkin merasa lebih mudah untuk mendapatkan uang secara online dengan memanfaatkan pengalaman karier atau hobi mereka.

By Rohimat Nurbaya 15 Februari 2016 10:00
Ilustrasi pensiunan (money.usnews.com)

Money.id - Entah karena alasan untuk menambah penghasilan atau hanya untuk mengisi waktu, para pekerja di Amerika Serikat mengatakan akan terus bekerja meski sudah pensiun. Meskipun ada banyak peluang kerja tradisional, pensiunan di sana lebih nyaman bekerja secara online.

"Karena bekerja secara online bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tidak memerlukan terlalu banyak kerja fisik yang berat," kata Andy Sweet, presiden Sweet Marketing Group di Grand Rapids, Michigan seperti dikutip dari money.usnews.com.

Sweet mengatakan dengan pengetahuan dasar internet, para pensiunan di AS sudah bisa bekerja sebagai pengusaha online atau freelancer.

Jika mereka tidak ingin susah-susah membangun usaha sendiri, mereka bisa membeli franchise yang dikhususkan untuk orang-orang lanjut usia yang berpengalaman di dunia kerja.

Dia menambahkan, pensiunan di AS mungkin merasa lebih mudah untuk mendapatkan uang secara online dengan memanfaatkan pengalaman karier atau hobi mereka.

"Bahkan jika itu hanya melakukan sesuatu yang sederhana seperti membuat blog," katanya.

Blog tersebut bisa mencakup masalah apa pun yang mungkin menjadi bidang para pensiunan, mulai dari berkebun dan perbaikan rumah hingga strategi bisnis.

Platform seperti WordPress, Blogger dan Squarespace telah mempermudah untuk membuat blog dan memanfaatkan iklan untuk mendatangkan penghasilan.

Cara lain untuk menguangkan blog termasuk bergabung dengan program afiliasi yang menawarkan komisi penjualan atau menjual barang tertentu.

Misalnya, seorang pensiunan dengan blog berkebun bisa menjual konsultasi membuat kebun dan taman.

"Jika blognya sudah sukses, para pensiunan ini kemudian akan membuat buku yang tentu semakin menambah penghasilan mereka," kata Sweet.

Namun tidak semua pensiunan ini yang pandai menciptakan dan memelihara sebuah blog. Bagi mereka, pilihan yang lebih rasional mungkin menjadi seorang freelancer.

Banyak situs yang memungkinkan orang-orang menjadi pekerja lepas untuk orang lain yang menawarkan pekerjaan sekali jalan. Beberapa situs freelancer yang ada di antaranya Upwork, Guru, Fiverr, Freelancer, iFreelance.

Sebagian besar pekerjaan freelance berputar pada masalah yang berkaitan dengan menulis, desain website, atau bantuan administrasi.

Namun para pensiunan dengan keahlian khusus bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. "Di situs Fiverr ada kategori menjadi konsultan karier," kata Sweet.

Setiap situs penyedia pekerjaan freelance memiliki aturan dan model bisnis yang berbeda-beda.

Namun sebagian besar pekerjaan itu dilakukan dengan sistem lelang, di mana klien mengunggah tugas dan freelancer menawar tugas tersebut.

Selain lewat blog dan menjadi freelancer untuk mencari uang secara online, seorang pensiunan bisa menambah penghasilan dengan membeli franchise.

"Jika modal tak menjadi masalah, mereka bisa memilih franchise yang harganya di bawah US$ 100 ribu," kata Marty Welch, kepala pengembangan Legacy Franchise Group di Scottsdale, Arizona.

Biaya tersebut mungkin jauh lebih besar daripada membuat sebuah blog atau menjadi freelancer, namun imbal hasilnya sangat menjanjikan dan cepat balik modal.

Di samping itu, franchise menawarkan dukungan yang berkelanjutan untuk membantu pemilik bisnis mencapai sukses.

Beberapa contoh franchise online adalah konsultasi bisnis atau mengajar secara online. 

Dengan ratusan peluang franchise yang tersedia, Welch merekomendasikan menggunakan konsultan franchise untuk mengevaluasi dan menemukan bisnis online yang cocok yang sesuai dengan keterampilan dan waktu.

"Namun sebelum terjun ke bisnis yang menghasilkan uang ini, para pensiunan ini harus tahu bahwa pendapatan yang mereka peroleh bisa mempengaruhi tunjangan Jaminan Sosial mereka," kata Scott Cousino, seorang perencana keuangan bersertifikat dan pemilik Legacy Financial Planners di Grand Rapids, Michigan.

Cousino menambahkan potongan untuk tunjangan Jaminan Sosial benar-benar dapat mempengaruhi keuntungan dari bisnis para pensiunan.

Penghasilan yang dianggap terkena potongan Jaminan Sosial adalah gaji dan uang yang diperoleh melalui wirausaha, termasuk blogging, freelance, membeli franchise. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section