1. HOME
  2. FINANCE
MONEY WEEKEND

Cara Rina Gunawan Pertahankan Bisnis Event Organizer

"Harus benar-benar mengenal betul, tipe karakter calon klien. Karena berbagai macam karakter ditemui ketika bisnis ini,"

By Stella Maris 12 Februari 2016 14:52
Ilustrasi konsep pernikahan oleh EO dan WO (pocketfulofdreams.co.uk)

Money.id - Rina Gunawan memutuskan beralih profesi dari publik figur menjadi pebisnis. Wanita berusia 41 tahun itu kini menjadi bos dalam bisnis 'Rina Gunawan Wedding & Event Organizer' yang telah didirikannya sejak 1992 itu.

Meski lelah, namun dia mengaku ada hasil yang menjanjikan di balik bisnis tersebut. Sampai jasanya dipercaya para pesohor Tanah Air, Rina mengaku harus jatuh bangun demi mempertahankan bisnisnya.

(Salah satu klien dari WO dan EO Rna Gunawan/Instagram)

Nah bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis seperti Rina, ada baiknya Anda mengetahui rahasia dibalik kelanggengan usaha tersebut. Utama yang harus Anda tahu adalah bagaimana cara bersikap kepada klien.

"Harus benar-benar mengenal betul, tipe karakter calon klien. Karena berbagai macam karakter ditemui ketika bisnis ini," ujar Rina seperti dikutip Kapanlagi, Jumat 12 Februari 2016.

Istri Teddy Syah itu menjelaskan, ketika masuk ke bisnis EO atau WO artinya si pebisnis memasuki daerah atau ranah psikologis. Anda, kata Rina harus belajar dan tahu cara menanggapi klien, tanpa harus memunculkan rasa ketidaknyamanan padanya. 

Bila klien sudah deal, Anda tinggal menjalankan acara yang diinginkannya. Ketika acara sukses, kemungkinan besar orang atau pihak tersebut akan menggunakan kembali jasa Anda. 

Selain itu, disiplin atau tepat waktu wajib menjadi hal yang diutamakan dalam setiap pekerjaan. "Jadi memang saya rasakan juga harus kerja keras dan (hasil) memuaskan," jelas Rina.

Namun jangan lupa bahwa dalam menjalankan bisnis EO, Anda memerlukan orang-orang handal dan dapat bekerja di berbagai bidang, memiliki fisik kuat, komunikatif, punya banyak ide, serta mau menerima kritik dan saran yang membangun. 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section