1. HOME
  2. FRESH
MONEY WEEKEND

Sensasi Melihat Jakarta dari Ketinggian 132 Meter

Untuk masuk ke kawasan Monas, anak-anak hanya membayar Rp2.000, mahasiswa Rp3.000 dan dewasa Rp5.000

By Rohimat Nurbaya 5 Februari 2016 17:03
Kawasan Monumen Nasional (Wikimapia)

Money.id - Libur panjang telah tiba. Momen tersebut merupakan kesempatan untuk bercengkrama dengan keluarga, terutama warga Ibu Kota Jakarta yang setiap hari disibukkan dengan rutinitas kantor.

Banyak pilihan liburan keluarga di sekitar Jakarta, misalnya Bogor dan Bandung. Tetapi untuk menuju ke sana memerlukan perjalanan panjang, alternatifnya mencari wisata keluarga Ibu Kota.

Salah satu wisata murah di Jakarta adalah Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, tidak perlu keluar banyak uang untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga di sana.

Wisata di kawasan Monas (Youtube)

Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Rini Hariani mengatakan, menghadapi libur panjang ini pihaknya tidak menyelenggarakan acara khusus.

"Monas buka seperti biasanya dari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore," kata Rini kepada Money.id, Jumat 5 Februari 2016.

Rini menuturkan, meski Senin masih libur Imlek, namun Monas tetap ditutup untuk umum sebab pada hari itu masih dilakukan maintenance, salah satunya lift untuk naik ke puncak Monas.

"Kalau tidak ada maintenance nanti terjadi sesuatu bisa berbahaya," ucap dia.

Tiket masuk

Masuk kawasan Monas, setiap pengunjung dikenakan tarif berbeda. Anak-anak cukup membayar tiket masuk Rp2.000 per orang, mahasiswa Rp3.000 per orang dan dewasa Rp5.000 per orang.

Di bagian luar monumen terdapat berbagai relief mengenai Sejarah Nasional dimulai dari jaman kerajaan, penjajahan Belanda, Penjajahan Jepang hingga Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kemudian ketika masuk kedalam Cawan juga terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia terdiri dari 51 diorama yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia mulai dari jaman kerajaaan hingga peristiwa G30S/PKI.

Diorama Monas (Wikipedia)

Di bagian dalam Monas juga pengunjung juga dapat melihat dokumentasi foto mengenai proses pembuatan Monumen Nasional.

"Jadi setelah datang ke sini pengunjung lebih memahami sejarah nasional dan proses pembuatan monumen Nasional," ucap Rini.

Rini menambahkan, selain itu para pengunjung juga bisa menikmati keindahan Jakarta dari ketinggian 115 meter. Namun untuk naik ke atas atau bagian cawan Monas, pengunjung dikenakan tarif tambahan, pasalnya harus menggunakan lift.

"Tarif untuk naik ke atas untuk anak-anak dipatok Rp2.000, mahasiswa Rp5.000 dan dewasa Rp10.000," jelas Rini.

Setelah menaiki lift sekitar tiga menit, pengunjung dapat mencapai pelataran puncak yang mampu menampung hingga 50 orang dengan luas 11x11 meter.

Bagian atas Monas (Wikipedia)

Pada bagian puncak, pengunjung bisa melihat pemandangan kota Jakarta bahkan hingga ke Kepulauan Seribu jika cuaca cerah.

Di bagian puncak ini, udara sangat segar dan bersih serta keadaan cuaca cukup dingin dan berangin.

Kondisi tersebut sangat berbeda di bagian bawah Monas yang banyak mengalami polusi udara dikarenakan lokasinya yang merupakan pusat kota yang hiruk pikuk oleh segala macam aktifitas warga Jakarta.

Daya tarik utama dari Tugu Monas ini adalah bagian puncak yang berbentuk seperti lidah api. Lidah api ini melambangkan tekad bangsa Indonesia untuk terus berjuang dan tidak akan pernah padam sepanjang masa.

Lidah api ini sangat menarik dikarenakan terbuat dari 14,5 ton perunggu dan dilapisi oleh emas seberat 50 kilogram.

Tinggi lidah api 14 meter dengan diameter seluas 6 meter yang terdiri dari 77 bagian yang kemudian dijadikan satu kesatuan.

Lapangan Monas

Ketika berada di kawasan Monas, banyak hal lain bisa dilakukan, selain berwisata sejarah kawasan dalam, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas luar ruangan di lapangan Monas.

Di kawasan lapangan Monas biasanya ada penyewaaan sepeda, jadi pengunjung bisa bermain sepeda bersama keluarga di sana. Tarif sewa biasanya sekitar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per setengah jam.

Selain sepeda, ada juga penyewaan mobil dan motor mainan untuk anak-anak, tarif sewa sama juga, sekitar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per setengah jam.

Selain itu ada juga berbagai mainan yang bisa dibeli oleh anak-anak, seperti balon udara, mobil remot kontrol dan layang-layang. (dwq)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section