1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Tips Agar Kondisi Keuangan Keluarga Tetap Stabil

Perilaku konsumtif merupakan tindakan yang dilakukan seseorang secara berlebihan.

By Abdul Kharis 13 Februari 2016 10:25
Belanja tanpa memikirkan manfaat, salah satu perilaku konsumtif (rsvpmagazine.ie)

Money.id - Sifat konsumtif acap kali menjadi hantu bagi seseorang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Penghasilan minim atau pas-pasan menjadikan kondisi keuangan memburuk dan tidak stabil. 

Demikian dikatakan Andy Nugroho, salah satu perencana keuangan saat berbincang dengan Money.id. Andy menjelaskan perilaku konsumtif merupakan tindakan yang dilakukan seseorang secara berlebihan, tanpa memikirkan manfaatnya.  

Contohnya membeli atau belanja semua yang dianggap paling bagus atau mewah hanya untuk memenuhi kesenangan pribadi semata. Oleh karena itu, kata Andi jangan sekali-kali tergiur dengan sesuatu yang belum tentu Anda butuhkan.

"Kebanyakan sifat konsumtif ini memang muncul dari keinginan menggebu yang tentunya bertentangan dengan kata hemat. Padahal untuk ke depannya kita tidak pernah tahu, jika ada keperluan mendadak," jelas Andy, Sabtu 13 Februari 2016. 

Agar perilaku konsumtif itu hilang, Andi menyarankan seseorang harus bisa meredam kebiasannya itu. Dikutip laman Becomingminimalist, ada cara yang dapat mengurangi kebiasaan buruk. 

Pertama dengan mengurangi kebiasaan berhutang dan kedua menurunkan gaya hidup mewah seperti memaksakan mengikuti perkembangan tren. Hal itu dilakukan demi mempertahankan gengsi. (els)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section