1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Deretan Koleksi Bros Ratu Elizabeth II Seharga Triliunan Rupiah

Logam mulia yang dijadikan bros itu merupakan berlian terbesar keempat di dunia.

By Dian Rosalina 15 April 2016 17:04
Bros yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, Cullinan III dan IV (People.com)

Money.id - Bros adalah salah satu aksesoris pemanis penampilan yang kerap digunakan oleh kaum wanita. Bagi keluarga kerajaan Inggris, aksesoris ini menjadi salah satu item perhiasan yang selalu digunakan, khususnya oleh Ratu Elizabeth II.

Kebiasaan ini diturunkan dari generasi ke generasi dalam silsilah keluarga kerajaan. Itu karena bros adalah simbol kebangsawanan mereka.

Dikutip dari Popsugar, Jumat 15 April 2016, banyak koleksi bros kerajaan yang menjadi sorotan publik. Selain bentuk dan bahan yang tergolong tidak biasa, bros tersebut juga memiliki harga yang fantastis.

Misalnya saja bros yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II ini terbuat dari 3.106 karat berlian Cullinan. Berlian ini merupakan permata kasar berkualitas terbesar yang pernah ditemukan. Dua tahun setelah penemuannya pada 1907, berlian tersebut dihadiahkan untuk Raja Edward VII.

Setelah dipotong-potong menjadi dua bagian terbesar, yaitu Cullinan I dan II. Cullinan I berada di kepala tongkat kerjaan sedangkan Cullinan II berada di mahkota kerajaan.

Kemudian untuk potongan Cullinan III dan IV dijadikan bros yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Harga berlian terbesar keempat di dunia ini diperkirakan lebih dari US$400 juta atau setara dengan Rp5,2 triliun. Wow!

Tidak hanya itu saja, banyak berlian yang dihadiahkan untuk keluarga kerajaan. Salah satunya adalah Queen Victoria's Diamond Jubilee yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth ini.

Sepeninggal Ratu Elizabeth I, bros ini diturunkan kepada putrinya yaitu Elizabeth II. Bros cantik ini terbuat dari satu mutiara besar yang ada ditengah dengan rantai berlian disekitarnya seperti liontin dan harganya pun sampai ratusan juta dolar.

Kerajaan Inggris pun mengoleksi salah satu berlian termahal yang berasal dari Afrika. Bros yang dinamai Williamson Diamond ini ditemukan oleh pria dengan nama yang sama yaitu Williamson.

Setelah ia meninggal, tambang yang ditemukan olehnya tersebut menjual 500 ribu karat per tahun. Satu karat dari berlian tersebut bernilai US$100 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section