1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Ini Alasan Mengapa Kancing Kemeja Wanita dan Pria Berbeda Sisi

Loh, Bagaimana bisa kancing kemeja wanita dan pria berbeda? Hal ini sebenarnya bukan tanpa sebab.

By Dian Rosalina 13 April 2016 15:11
Ilustrasi Kancing Kemeja Pria dan Wanita Berbeda (India.com)

Money.id - Coba cek sekarang, kancing kemeja Anda ada di sebelah kiri atau kanan? Jika Anda memakai kemeja dengan kancing di sisi kiri kemeja berarti itu adalah kemeja wanita, sedangkan jika posisi kancing ada di sebelah kanan berarti itu adalah kemeja pria.

Loh, Bagaimana bisa kancing kemeja wanita dan pria berbeda? Hal ini sebenarnya bukan tanpa sebab. Terdapat sejarah dibalik perbedaan posisi antara kancing kemeja wanita dan pria.

Dilansir dari Mental Floss, Rabu 13 April 2016, ada beberapa teori yang bisa menjelaskan perbedaan tersebut. Jadi pada masa Renaissance dan Victorian di Eropa, para bangsawan wanita cenderung dipakaikan baju oleh para pembantunya.

Itu memudahkan bagi asisten rumah tangga memakaikan baju para majikan mereka. Sedangkan para pria cenderung memakai pakaiannya sendiri sehingga posisi kancing berada di posisi sebaliknya yaitu sebelah kanan.

Jadi apakah itu masuk akal? Namun pada kenyataanya pada jaman tersebut bangsawan adalah orang yang paling modis di antara strata lainnya. Penjelasan lain juga menjelaskan bahwa pakaian pria juga termasuk persenjataan.

Ada asumsi mengatakan bahwa pria menggunakan tangan kanan untuk memegang senjata. Sehingga posisi kancing pria yang ada di sebelah kanan akan memudahkan tangan kanan mereka saat mengambil senjata dalam baju.

Teori lainnya menjelaskan hal yang berbeda, yaitu menyusui adalah alasannya. Wanita cenderung menggendong bayi disebelah kiri. Dengan posisi kancing seperti yang digunakan wanita, maka akan memudahkan mereka untuk menyusui supaya tangan mereka aktif bergerak.

Namun terlepas dari itu, sejarahwan tidak tahu persis bagaimana kancing wanita ada di sebelah kiri dan pria di kanan. Tapi setidaknya Anda bisa sedikit tahu tentang asal usul kancing tersebut.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section