1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Jadi First Lady, Berapakah Bujet Belanja Michelle Obama?

Seperti kebanyakan wanita pada umumnya yang menginginkan gaun indah dengan harga murah, Michelle Obama juga mencari diskon untuk busananya.

By Dian Rosalina 14 April 2016 09:05
Fashion Michelle Obama dalam berbagai kesempatan (www.houseofchichi.com)

Money.id - Michelle Obama terkenal sebagai ibu negara yang paling fashionable. Tidak heran karena sebagian besar pakaian yang digunakannya berasal dari desainer-desainer papan atas.

Harga dari beberapa pakaiannya pun bisa mencapai US$15.000, belum lagi aksesoris seperti sepatu dan perhiasan. Namun apakah dia membayar semua itu memakai uang negara atau meminjam dari desainer?

Dilansir dari Nydailynews.com, Kamis 14 April 2016, Gedung Putih enggan untuk membahas hal tersebut. Namun mereka mengatakan bahwa Wanita Pertama harus selalu tampil dengan baik, tapi bukan berarti negara yang harus membayar semua itu.

Contohnya Mary Todd Lincoln, First Lady pertama Amerika Serikat menghabiskan puluhan ribu dolar uang negara untuk membeli pakaiannya. Hasilnya saat tidak lagi menjabat, ia pun harus menjual pupuk kandang untuk melunasinya.

Lalu bagaimana dengan istri dari Barack Obama itu? Seperti kebanyakan wanita pada umumnya yang menginginkan gaun indah dengan harga murah, ia mencari diskon. Namun tetap ia mencari pakaian yang tidak semua orang bisa pakai.

Sekretaris Pers Gedung Putih untuk ibu negara, Joanna Rosholm mengatakan bahwa Michelle Obama selalu membayar pakaiannya sendiri. Kecuali untuk kunjungan kenegaraan.

"Untuk acara resmi publik atau bersejarah, seperti kunjungan kenegaraan, First Lady biasanya mendapat hadiah dari seorang desainer. Namun diterima atas nama pemerintah Amerika Serikat, setelah itu disimpan di Arsip Nasional," kata dia.

Gedung Putih menjelaskan bahwa Michelle Obama tidak meminjam pakaian dari siapapun dan sebagian besar adalah pakaian miliknya sendiri. Arsip Nasional menolak untuk mengatakan berapa item yang ada dalam penyimpanan.

Pakaian yang disumbangkan oleh desainer mencakup dua gaun perdana, istri Presiden Amerika Serikat itu yang dibuat oleh Jason Wu, seorang desainer tidak terkenal. Wu menolak untuk membahas bagaimana dia bisa bekerja sama dengan Michelle Obama.

"Saya mendapat gaun dari seorang desainer bernama Jason Wu. Ini adalah sebuah mahakarya," kata Michelle.

Berhemat

Pengacara yang bertugas untuk Obama dan Bush di Gedung Putih menggambarkan bagaimana ia bekerja di kantor First Lady. Ia memastikan bahwa pengaturan keuangan dengan desainer tidak bertabrakan dengan aturan dan etika agar terhindar dari konflik kepentingan.

Dalam sebuah pernyataan dari asisten pribadi Michelle Obama, Meredith Koop, oleh Washington Post mengatakan ia bertidak atas nama istri Barak Obama tersebut dalam mengatur pembelian suatu barang. Termasuk menentukan harga terbaik yang ditawarkan, dan membeli barang diskon jika tersedia.

Beberapa desainer yang telah memberikan busananya untuk Michelle menolak membahas hal tersebut. Namun mantan pengacara Gedung Putih mengatakan setiap diskon yang diberikan kepada ibu negara harus sejalan dengan apa yang desainer tawarkan kepada pelanggan top lainnya untuk menghindari gratifikasi.

Untuk itu, Michelle mencoba segala macam cara untuk menekan biaya pakaian mereka, termasuk memakai pakaian yang sama namun dengan cara yang berbeda. Seperti saat ia memakai gaun yang sama untuk makan siang bersama Katy Perry pada Oktober 2012.

Dia menggunakan ikat pinggang dan aksesoris lainnya untuk tampilan lebih segar. Meski hal tersebut membawa risiko, namun tetap berhasil.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section