1. HOME
  2. DIGITAL
YAHOO

Sah! Yahoo Terjual Senilai Rp63 Triliun

Verizon telah resmi menjadi pemilik bisnis internet Yahoo serta aset fisik lainnya.

By Adhi 25 Juli 2016 16:21
Yahoo (newsnish.com)

Money.id - Setelah sejak tahun lalu menawarkan diri pada perusahaan yang berminat, akhirnya Yahoo resmi menjadi milik Verizon Wireless. Verizon sendiri merupakan salah satu operator telekomunikasi terbesar di Amerika Serikat. 

Perusahaan yang berdiri tahun 2000 lalu ini dilaporkan membeli Yahoo dengan nominal USD4,8 miliar atau sekitar Rp 63 triliun. Harga ini sedikit di bawah tawaran Yahoo, yakni Rp65,7 triliun.

Menurut laporan Wall Street Journal, Verizon telah resmi mennjadi pemilik bisnis internet Yahoo serta aset fisik lain berupa perkantoran.

Sayangnya, masih belum jelas apa yang bakal dilakukan oleh Verizon pada Yahoo. Mantan raksasa internet ini memang memiliki banyak aset lain berupa kekayaan intelektual (hak paten) teknologi, properti, dan brand yang sangat terkenal di dunia.

Performa terus menurun

Sebelum era Google, Yahoo adalah 'rajanya' sektor bisnis berbasis internet. Perusahaan yang didirikan pada 1994 oleh duet Jerry Yang dan David Filo ini sebelumnya adalah penyedia layanan internet paling populer di dunia.

Namun kini, popularitas Yahoo luntur. Mereka kalah bersaing dengan Google, Facebook, atau bahkan Amazon.

Akhir 2015 kemarin, tercatat tiga bisnis inti Yahoo, yakni Yahoo Mail (YM), Yahoo.com, dan Yahoo Search menunjukkan penurunan pengguna dibanding periode yang sama pada 2014.

Yahoo Mail kini cuma mempunyai Daily Active User (DAU) sebanyak 56,9 juta (turun 11,5 persen), sedangkan dari mobile pengakses per harinya 24,4 juta saja (turun 2,9 persen).

Di sisi lain, akses ke laman Yahoo.com juga melesu 16,5 persen atau hanya memiliki 56,2 juta DAU, untuk mobile 11,3 juta (turun 0,8 persen).

Sementara pengunjung Yahoo Search terdeteksi menurun 9,8 persen menjadi 43,5 juta user saja per hari, dengan DAU di mobile 13,7 juta (turun 10,3 persen).

Tak hanya itu, Yahoo juga tercatat mengalami kerugian sebesar Rp1,3 triliun di kuartal pertama 2016. Ini merupakan kali pertama Yahoo mengalami kerugian sejak 1995.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section