1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Menkominfo: 2019, Jaringan Internet Jakarta Sehebat Singapura

Menkominfo menunggu Pergub DKI Jakarta yang mewajibkan semua bangunan di kawasan bisnis terhubung dengan jarigan fixed broadband.

By Nur Chandra Laksana 23 Desember 2015 19:27
Menkominfo Rudiantara (Nur Chandra / Money.id)

Money.id - Akhir tahun memang sudah di depan mata. Selama tahun 2015 ini Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggalakan pembangunan mobile broadband di Indonesia. Namun pada 2016 mendatang, nampaknya Kemenkominfo memiliki rencana baru.

Dalam acara peresmian kerja sama antara Indosat Ooredoo dan Advan di Jakarta pada Rabu 24 Desember 2015, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, membeberkan rencana pada 2016 mendatang adalah memfokuskan diri di bidang fixed broadband. Fixed broadband sendiri adalah akses Internet yang jaringan koneksinya berbasis kabel, bukan jaringan internet nirkabel seperti seluler dan WiFi.

"Di 2015 ini, kita fokus di pembangunan mobile broadband, tahun depan kita bakal fokus di jaringan fixed broadband," kata Rudiantara.

Dengan semakin gencarnya pengembangan fixed broadband, Menteri Rudiantara mengaku pernah berjanji kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), bahwa di tahun 2019 nanti Jakarta akan memiliki jaringan internet yang tidak kalah dari Singapura.

"Ini juga bagian dari janji saya kepada Pak Ahok untuk membuat Jakarta memiliki jaringan yang tidak kalah dengan Singapura pada 2019 mendatang," tegas Rudiantara.

Untuk mempermudah pembanguan infrastruktur fixed broadboand, beliau menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta yang isinya mewajibkan semua bangunan di kawasan bisnis dan perkantoran terhubung dengan jarigan fixed broadband.

"Jika Pergub sudah turun, paling tidak di semester pertama tahun depan, maka pada semester dua tahun depan para penyedia jasa internet bisa mulai menarik kabel ke wilayah bisnis," tutup Rudiantara. (dhi)

 

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section