1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

5 Smartphone Baru yang Paling Dinanti di Tahun 2016

Beberapa di antaranya dipastikan meluncur di dua gelaran teknologi terbesar, yakni CES dan MWC.

By Adhi 22 Desember 2015 19:39
Samsung Galaxy S7 (pcadvisor.co.uk)

Money.id - Tahun Baru 2016 hanya tinggal hitungan hari. Di pasar smartphone, tahun 2015 ditandai dengan menanjaknya popularitas sejumlah produk besutan vendor asal China. Sebut saja Xiaomi dan Oppo yang mulai merangsek ke jajaran papan atas produsen ponsel dunia.

Lalu, bagaimana dengan 2016?

Kabar mengenai berbagai smartphone terbaru yang bakal dirilis pada tahun depan sudah mengemuka. Beberapa di antaranya dipastikan akan meluncur di dua gelaran teknologi terbesar, yakni CES (Consumer Technology Association) di bulan Januari dan MWC (Mobile World Congress) 2016 pada Februari.

Berdasarkan berbagai rumor yang beredar, ada 5 smartphone yang diprediksi bakal segera meluncur di semester awal tahun 2016. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Phone Arena:

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

(Samsung Galaxy S7 / pcadvisor.co.uk)

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge rumornya memiliki desain yang mirip dengan Galaxy S6 Edge tahun 2015 ini. Berarti Galaxy S7 akan dibalut dengan logam dan kaca melengkung ke samping. Dua seri Galaxy S7 ini akan menawarkan layar 5,2 inci Super AMOLED Quad HD.

Didukung dengan prosesor Exynos 8890 atau Snapdragon 820, smartphone ini akan hadir dengan kamera 20 MP di bagian belakang dan slot kartu microSD. Disebut-sebut smartphone paling canggih di awal 2016, Samsung sepertinya baru mengumumkan pada bulan Februari pada acara MWC 2016.

Smartphone ini akan mengusung dual kamera depan dengan teknologi yang bisa mendeteksi iris penggunanya. Menurut techradar, Galaxy S7 juga membawa layar 8K yang mendukung untuk digunakan sebagai mesin Virtual Reality (VR).

HTC One M10

(HTC One M10 / htconem10.com)

Pada saat ini, belum ada rincian mengenai HTC One M10. Namun, melihat One M9 dan One M8 sebelumnya, smartphone ini sepertinya akan diumumkan saat MWC. Jika One M9 tidak terlalu berbeda dari One M8, mungkin di smartphone kali ini HTC memberikan sedikit inovasi.

Rumor banyak mengatakan bahwa HTC One M10 ini akan berjalan di Android 6.1 Marshmallow dan prosesor canggih Snapdragon 820. Sensor sidik jari dan kamera yang lebih canggih dengan UltraPixel yang lebih besar juga akan hadir untuk smartphone ini.

Selain HTC One M10, tampaknya One X9 juga akan bersiap meluncur. Namun, bukan smartphone kelas atas, One X9 akan hadir untuk smartphone kelas menengah dan tidak membawa fitur yang terlalu menarik.

Sony Xperia Z6

(Sony Xperia Z6 / androidpit.com)

Sony mempunyai kebiasaan merilis dua smartphone andalannya setiap tahunnya. Sehingga, Xperia Z6 sepertinya akan segera meluncur semester awal tahun 2016 nanti. Bahkan ada rumor yang mengatakan bahwa Sony menyiapkan 5 varian berbeda dari Xperia Z6 dengan ukuran layar 4 inci hingga 6,4 inci.

Salah satunya merupakan smartphone unggulan, yang kemungkinan besar berukuran 5,2 inci. Seperti berbagai smartphone kelas atas lainnya, Xperia Z6 ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 820. Banyak yang mengharapkan smartphone keren buatan Sony ini sangat tipis, tahan air, terbuat dari logam, dan mempunyai desain yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.

LG G5

(LG G5 / androitpit.com)

LG G5 ini diharapkan akan meluncur pada bulan April 2015, setahun setelah G4 diluncurkan. LG G5 akan didukung oleh chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 820 dengan layar yang mungkin lebih besar dari pendahulunya. Rumor mengatakan bahwa LG G5 ini akan hadir dengan layar 5,6 inci Quad HD. Kamera utama 21 MP dan kamera depan 8 MP.

Jika smartphone andalannya baru-baru ini menggunakan logam, seperti LG V10, maka LG G5 juga diprediksi akan dibalut logam cantik yang membuatnya semakin premium.

Asus Zenfone 3

(Asus Zenfone 3 / techone3.in)

Tahun 2015 ini, Asus meluncurkan smartphone andalannya dengan RAM 4 GB, tetapi dijual dengan harga cukup murah dibanding pesaingnya. Nah, di awal tahun 2016 ini, Asus telah merencanakan penerusnya, yaitu Zenfone 3.

Menurut rumor yang beredar, smartphone ini dilengkapi sensor sidik jari di bagian belakang dan USB Type C. Sebagai penerus Zenfone 2, smartphone ini harusnya membawa spesifikasi keren lainnya. Namun karena smartphone ini mungkin baru diumumkan pada CES 2016 pada bulan Januari, Zenfone 3 direncanakan meluncur bulan Mei.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section