1. HOME
  2. DIGITAL
PERAYAAN NATAL

Operator Optimis Jaringan Tidak Lelet Saat Natal dan Tahun Baru

Kapasitas layanan data internet ditingkatkan hingga 3 ribuan Terabyte/hari.

By Adhi 23 Desember 2015 18:27
Ilustrasi BTS operator seluler (Dok. Indosat Ooredoo)

Money.id - Liburan panjang menyambut Natal dan Tahun Baru telah dimulai. Seperti tahun-tahun sebelumnya, diprediksi akan terjadi kenaikan trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data dibandingkan hari-hari normal.

Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyiapkan jaringannya agar tetap prima mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik. Biasanya, jaringan akan lelet, khususnya di malam Natal dan malam pergantian tahun.

Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya mengatakan, "Jaringan kami siap setiap saat jika terjadi lonjakan kapan pun, terlebih jika menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru. Meski begitu, kami tetap memastikan aspek di network benar-benar siap. Prediksi kami, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS."

Selama Natal dan Tahun Baru, XL memperkiraan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan Data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%.

Persiapan yang telah dilakukan oleh XL antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu. Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan XL cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Services. XL juga melakukan penambahan BTS, penambahan kapasitas, dan juga melakukan optimisasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami kenaikan trafik.

Optimisasi jaringan dan penambahan BTS dilakukan terutama di area yang menjadi pusat keramaian selama libut Natal dan Tahun Baru. Di Jabodetabek, dilakukan optimisasi antara lain di Monas, Bundaran Hotel Indonesia, Ancol, Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan kawasan Puncak. Bandung di Alun-alun, Dago, dan Gasibu. Yogyakarta di Alun-alun, sepanjang Malioboro, dan Pantai Parang Tritis. Serta berbagai wilayah lainnya.

Indosat

Senada dengan XL, kapasitas semua layanan Indosat Ooredoo, baik suara, SMS dan data telah ditingkatkan, di mana untuk kapasitas suara ditingkakan menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta Erlang/hari), layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,285 miliar SMS/hari, dan layanan data ditingkatkan menjadi 3.463 Terabyte/hari.

"Semua kapasitas tersebut ditingkatkan untuk mengantisipasi kenaikan trafik secara nasional dengan melayani 69 juta pelanggan Indosat Ooredoo. Kenaikan kapasitas tersebut sudah disesuaikan dengan prediksi kenaikan trafik yang mungkin terjadi, berdasarkan pengalaman pada kondisi yang sama tahun-tahun sebelumnya. Kami ingin memastikan pelanggan Indosat Ooredoo tetap nyaman dan lancar berkomunikasi selama masa-masa perayaan tersebut," tambah Heri Purnomo.

Untuk memastikan jaringan Indosat Ooredoo tetap prima dalam melayani pelanggan, perusahaan juga melakukan monitoring jaringan secara intensif yang dilakukan melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center). i-NOC adalah fasilitas monitoring & pengendalian jaringan infrastruktur Indosat baik untuk layanan seluler (Mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti Lintasarta dan IM2. (ita)

Suka Artikel Ini? Klik Like

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section