1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Facebook Ternyata Bisa Merenggut Kebahagiaan

Orang yang tidak menggunakan Facebook atau media sosial lainnya ternyata bisa merasa lebih bahagia.

By Nur Chandra Laksana 14 November 2015 06:25
Ilustrasi (lifehack.org)

Money.id - Jika Anda pernah meninggalkan smartphone seharian di rumah, pasti hal yang pertama kali dilakukan ketika sampai di rumah adalah membuka Facebook, Path, ataupun Twitter untuk meng-update status. Apakah hal ini membuat Anda bahagia?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Happiness Research Institute, orang yang tidak menggunakan Facebook atau media sosial lainnya ternyata bisa merasa lebih bahagia. Penelitian ini tentunya tidak sembarang dilakukan, namun melibatkan 1.095 pengguna Facebook harian.

Happiness Research Institute melakukan uji coba dengan melarang setengah peserta survei untuk berhenti bermain Facebook selama seminggu, sementara setengahnya lagi diminta untuk melanjutkan kesehariannya seperti biasa. Hasilnya, ditemukan fakta bahwa orang-orang yang diminta berhenti menggunakan Facebook cenderung merasa lebih bahagia.

Mereka juga menemukan bahwa grup yang meninggalkan Facebook menjadi lebih antusias, lebih sedikit marah, dan lebih sedikit merasakan stres. Kehidupan sosial di dunia nyata mereka pun berkembang luas.

Menurut para peneliti, penyebab tidak bahagianya hidup para pengguna Facebook dikarenakan mereka merasakan hidupnya selalu di dalam sorotan orang lain. Penyebab lainnya, Facebook juga akan memfokuskan pikiran seseorang terhadap milik orang lain yang tidak dimiliki.

Nah, jika Anda sudah merasa media sosial lebih sering mengganggu kehidupan dibanding membuat bahagia, maka disarankan untuk mulai membatasi mengaksesnya. (dwq)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section