1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

8 Karakteristik Manajer Hebat Menurut Google

Larry Page sempat memecat semua manajer teknik Google. Ini jadi bumerang

By Adhi 9 November 2015 20:17
Ilustrasi (geekwire.com)

Money.id - Bekerja di perusahaan teknologi raksasa semacam Google menjadi impian semua orang. Terlebih setelah pada tahun 2001, kurang dari lima tahun setelah didirikan, Google akhirnya membuka kantor internasional pertamanya. 

Larry Page, salah satu pendiri Google, bertekad untuk terus mengembangkan sekaligus menjaga perusahaan tetap gesit dan bebas birokrasi. Untuk itu, dia melakukan sesuatu yang berani. Ia memutuskan untuk memecat semua manajer tekniknya.

Namun langkah berani Page menjadi bumerang dan pada akhirnya Google mengalami sedikit guncangan. Page sepertinya telah belajar dari kesalahan.

Setelah hanya beberapa bulan, peran manajer teknik dipulihkan. Page menyadari bahwa alih-alih menciptakan lapisan birokrasi yang tidak perlu, manajer yang baik sebenarnya kunci untuk membuat tim merasa bahagia dan produktif.

Penelitian terbaru Google yang mereka terbitkan pekan lalu pada platform baru mereka, menegaskan bahwa, "Tim dengan manajer hebat lebih merasa bahagia dan produktif."

Tapi apa sebenarnya yang membuat seorang manajer menjadi besar dan hebat? Google ternyata juga telah melakukan beberapa penelitian mengenai hal terkait, melalui Proyek Oxygen mereka.

Menggunakan data dari survei terhadap karyawan dan ulasan kinerja mereka, serta wawancara kualitatif double-blind, mereka menemukan delapan karakteristik umum yang harus dimiliki oleh manajer hebat, demikian dikutip dari laman Business Insider.

Wawancara double-blind maksudnya baik peneliti maupun subjek yang diteliti sama-sama tidak tahu siapa yang menjadi kelompok eksperimen dan siapa yang menjadi kelompok kontrol, juga kelompok mana yang mendapat perlakuan dan mana yang tidak.

Ke-8 karakteristik umum yang harus dimiliki manajer hebat menurut hasil penelitian Google di antaranya adalah:

1. Seorang pelatih yang baik
2. Mendorong semangat tim dan tidak melakukan micro management
3. Mengekspresikan kegembiraan dan penghargaan atas sukses karyawan, baik profesional maupun pribadi
4. Selalu produktif dan berorientasi pada hasil
5. Punya skill komunikasi yang bagus
6. Membantu bawahan untuk menaiki tangga karier
7. Punya strategi atau visi yang jelas untuk timnya
8. Punya skill yang secara teknik bisa membantunya memberi saran pada bawahan

Google tidak hanya sampai pada 8 kesimpulan tersebut. Tetapi mereka juga menerbitkan alat dan panduan untuk untuk membantu orang mengembangkan ke-8 skill tersebut.

Berbicara kepada Harvard Business Review tahun 2013, Eric Clayberg, manajer teknik perangkat lunak Google, memuji panduan dan alat yang diterbitkan Google tersebut. Dia mengatakan apa yang dilakukan Google membantunya melihat gambaran yang lebih besar tentang kariernya.

"Aku sekarang menghabiskan sepertiga sampai setengah dari waktuku untuk mencari cara agar anggota timku terus tumbuh dan berkembang," ujar Clayberg. (ita)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section