1. HOME
  2. DIGITAL
IPHONE

iPhone Ternyata Tidak Lebih Aman Dibanding Android

Sekitar 40 persen dari total aplikasi iOS memiliki potensi kerentanan pada proteksi data.

By Adhi 13 November 2015 16:29
Ilustrasi (youtube.com)

Money.id - Smartphone berbasis Android selalu identik dengan bahaya serangan malware. Sistem operasi besutan Google ini memang bersifat open source, sehingga sistem keamanan yang tersedia memang terbilang cukup lemah dibandingkan dengan sistem operasi mobile lainnya.

Bahkan, sebuah hasil studi yang dirilis oleh firma riset keamanan, Juniper Networks, menyebutkan bahwa 92% malware yang beredar saat ini diciptakan khusus untuk menyerang perangkat Android.

Untuk masalah keamanan, banyak dari kita yang berkipir bahwa sistem operasi iOS yang diaplikasikan pada iPhone dan iPad begitu 'tertutup' rapat, sehingga dianggap jauh lebih aman dibandingkan Android. Benarkah?

Faktanya, hasil riset yang dirlis Checkmarx and AppSec Labs punya kesimpulan lain. Mereka mengungkapkan bahwa Android justru lebih aman dibandingkan dengan sistem operasi iOS besutan Apple

Perusahaan keamanan perangkat mobile yang berbasis di Illinois, Amerika Serikat, ini mengklaim telah menyisir ratusan aplikasi terpopuler di Apple App Store dan Google Play Store. Hasilnya, mereka menemukan banyak risiko keamanan dan kerentanan.

Berdasarkan laporan tersebut, sekitar 40 persen dari total aplikasi iOS memiliki potensi kerentanan pada proteksi data dibandingkan dengan aplikasi Android yang hanya sebesar 36 persen. Meski selisihnya kecil, tetap saja citra Apple lebih aman dari Google pun terkikis.

Parahnya lagi, menurut yang dilansir laman Business Insider, Jumat 13 November 2015, 38 persen dari semua aplikasi tersebut berisiko sangat berbahaya bagi pengguna dan berpotensi mengakibatkan kerusakan serius.

Checkmarx and AppSec Labs menjelaskan, akar penyebab kerentanan ini berasal dari kode yang dituliskan sejak awal oleh para pengembang aplikasi.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section