1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS ONLINE

3 e-Commerce Terpopuler di Indonesia 2015

Rata-rata penjual dan pembeli sudah mengenal platform belanja online lebih dari setahun.

By Adhi 4 Januari 2016 16:32
Ilustrasi belanja online (thenextweb.com)

Money.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan survei online mengenai eCommerce. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di 18 kota yang melibatkan 2.312 responden, tiga eCommerce, yakni Tokopedia, Olx.co.id, dan Lazada dinilai sebagai yang paling familiar bagi kalangan penjual dan konsumen online di Indonesia.

"Kalau dari hasil survei, tiga portal (Tokopedia, Olx.co.id, dan Lazada) yang familiar di penjual dan pembeli. Hanya komposisinya berbeda di mata penjual dan pembeli," ungkap Direktur e-Business Ditjen Aptika Azhar Hasyim seperti yang dilaporkan IndoTelko.

Dari sudut pandang penjual, Tokopedia tercatat sebagai yang paling familiar (24,7%), lalu disusul oleh Olx.co.id (21,6%), dan Lazada (16,8%). Sementara di mata konsumen online, yang paling populer adalah Olx.co.id (23%), lalu Tokopedia (21,3%), dan Lazada (18,2%).

Lebih jauh dipaparkan, rata-rata penjual sudah mengenal platform belanja online lebih dari setahun (37%), sekitar setahun hingga tiga tahun (37%), tiga hingga lima tahun (14%), dan lebih dari lima tahun (11%).

Sementara para konsumen, tercatat telah mengikuti tren berbelanja online lebih dari setahun (13%), satu hingga tiga tahun (35%), tiga hingga lima tahun (26%), dan lebih dari lima tahun (27%). Para penjual dan pembeli dominan mencari produk (74%), dan sisanya jasa.

Untuk tahun 2016 sendiri, penjualan ritel eCommerce di Indonesia dirediksi akan menjadi salah satu yang tertinggi pertumbuhannya di Asia Pasifik. Tahun ini, total penjualan eCommerce diperkirakan mencapai US$ 5,29 miliar atau berkontribusi sekitar 2,2% bagi total transaksi ritel.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section