1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS ONLINE

Diskon '50%+20%' Sama Dengan 70%? Anda Salah!

Berbelanja dengan cermat ya. Happy shopping!

By Ita Malau 6 Desember 2015 16:12
Ilustrasi belanja (Pixabay)

Money.id - Akhir tahun adalah saat-saat menyenangkan bagi para shopper, apalagi bagi Anda yang merayakan Natal.  Selain itu, berbagai pusat perbelanjaan dan online shop akan menawarkan diskon (potongan harga) besar-besaran.

Nah, sebelum menyerbu berbagai pusat perbelanjaan, Anda perlu belajar dulu nih soal diskon. Salah satu tulisan diskon yang banyak tertera di berbagai produk adalah "50%+20%."

Waspada dengan tulisan diskon seperti ini karena otak Anda akan otomatis menjumlahkan diskon tersebut menjadi "70%". Dan tanpa pikir panjang, Anda langsung menyambar produk yang --menurut Anda--didiskon gila-gilaan itu.

Well, Anda mungkin jago matematika. Tapi dalam urusan diskon, matematika di otak Anda tidak berlaku.

Begini arti diskon "50%+20%" versi pedagang. Harga barang tersebut dikurangi hasil pengalian 50% dan harga asli barang. Hasil pengalian dan pengurangan itu kemudian didiskon lagi 20%.

Lalu apa bedanya? Ya, berbeda. Tidak percaya? Yuk, kita buktikan.

Misal: ada harga sepatu seharga Rp500 ribu. Jika memang didiskon 70%, maka harga sepatu itu menjadi Rp150 ribu (Rp500 ribu dikurangi diskon Rp350 ribu).

Sekarang kita pakai diskon ala "50%+20%". Pertama, harga sepatu didiskon dulu dengan  50% menjadi Rp250 ribu. Setelah itu, harga 'baru' ini dipotong 20% lagi. Dan hasilnya adalah Rp200 ribu. Beda kan?

Kalau belanja ratusan ribu rupiah, mungkin perbedaannya tidak terlalu jauh. Tapi, kalau sampai jutaan? So, cermatlah dalam berbelanja. Happy shopping!

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section