1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Tri Catatkan Penggunaan Trafik Data Terbesar Ke-2 di Indonesia

Beberapa tahun lalu, pelanggan 3 masih menggunakan SMS dalam mengucapakan Selamat Tahun Baru.

By Adhi 4 Januari 2016 15:27
BTS (Three.co.id)

Money.id - PT Hutchison 3 Indonesia, pengelola operator GSM 3 (baca:Tri) mengklaim telah sukses melayani pelanggan di masa liburan tanpa ada kendala yang berarti.

Peningkatan penggunaan layanan data mendominasi peningkatan trafik data jaringan, khususnya penggunaan OTT dan sosial media seperti Facebook untuk menyampaikan ucapan Natal dan Tahun Baru 2016.

Trafik data meningkat hampir 70 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Saat ini, Tri memiliki pelanggan Facebook kedua terbesar di Indonesia.

"Selama malam pergantian tahun dan perayaan Natal 2015, kami telah mengantisipasi bahwa sebagian besar pelanggan kami akan menggunakan layanan pesan OTT dan sosial media, seperti Facebook, WhatsApp, untuk berkomunikasi dan menyampaikan ucapan kepada teman maupun keluarga," ujar Randeep Singh Sekhon, Presiden Direktur Tri dalam keterangan persnya.

Lebih lanjut diterangkan, hal ini sangat berbeda dibandingkan beberapa tahun lalu. "Beberapa tahun lalu, pelanggan kami masih menggunakan SMS dalam mengucapakan Selamat Tahun Baru kepada kerabatnya. Penggunaan Facebook meningkat hampir 20 persen pada malam Natal dan malam Tahun Baru, serta hampir 30 persen pada WhatsApp," ujarnya.

Randeep menambahkan, Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan dan jalur penghubung lainnya.

Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak malam pergantian tahun, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti mal, terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api.

Untuk menunjang peningkatan lonjakan ini, Tri juga menempatkan mobile BTS di pusat pusat keramaian perayaan Natal dan malam pergantian tahun.

Di hari biasa di luar Hari Raya Natal dan Tahun Baru, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai sekitar 1.200 TB (Terabyte) per hari.

Trafik tersebut dikelola sangat efesien dengan jumlah spektrum yang sangat minim yang dimiliki Tri saat ini (10 Mhz di 1800 Mhz dan 10 Mhz di 2100 Mhz).

Dengan trafik data yang tinggi ini, operator Tri telah menjadi operator penyedia layanan data bergerak terbesar ke-2 di Indonesia.

Penggunaan Facebook di jaringan Tri juga sangat tinggi yaitu hampir 30 juta pengguna aktif setiap bulannya. Angka ini merupakan terbesar ke-2 di Indonesia. (poy)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section