1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

5 Aplikasi Peta Offline Gratis untuk Liburan Seru Anda

Tak semua tempat dan lokasi wisata menjanjikan sinyal yang mumpuni.

By Nur Chandra Laksana 1 Januari 2016 07:05
Ilustrasi orang melihat peta (sumber : huffingtonpost.com)

Money.id - Jika Anda ingin berlibur untuk menikmati libur akhir tahun ini, rasanya tidak lengkap jika belum memasang aplikasi peta online di ponsel. Apalagi jika Anda benar-benar buta daerah itu. 

Tapi, tak semua tempat dan lokasi wisata menjanjikan sinyal yang mumpuni. Jika ponsel tiba-tiba hilang sinyal, apa yang Anda lakukan?

Pasang saja aplikasi peta offline di ponsel Android anda. Bingung memilih aplikasi peta? Nih, beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih:

 1. Maps.Me

Maps.Me adalah salah satu peta offline terbaik yang ada di perangkat Android. Fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini terbilang lengkap untuk sebuah aplikasi gratis.

Jangankan per wilayah, Anda bahkan bisa mengunduh peta seluruh dunia loh.

Kelebihan lainnya adalah peta yang sangat mudah untuk dibaca. Selain itu, peta ini juga dilengkapi dengan nama jalan hingga nomer jalan yang sangat detail.

Dan jika Anda berpergian keluar negeri, tidak usah khawatir terkena roaming karena peta ini dapat diakses secara offline.

 2. OSMand

OSMand adalah aplikasi peta offline yang pertama dilengkapi fitur navigasi. Memiliki database yang sama dengan OpenStreetMap dan Maps.Me, OSMand menjanjikan tingkat akurasi yang mumpuni.

Memang fitur utama yang menjadi unggulan mereka adalah navigasi offline, yang akan menuntun Anda dari tikungan ke tikungan. Belum lagi OSMand juga bisa mencarikan Anda jalan pintas.

Aplikasi ini juga dilengkapi fasilitas seperti Trip Recording, catatan dengan audio/video, dan kalkulator jarak tinggal.

Jika mau, Anda bisa membeli fitur tambahan lainnya, seperti menampilkan kontur jalanan yang akan anda lewati.

3. City Maps 2Go

Aplikasi ini memang tidak memberikan Anda peta super detail. Namun City Maps 2Go memiliki tampilan klasik yang mudah dibaca.

Jika Anda memiliki jiwa petualang yang tinggi, peta offline ini pas untuk Anda karena di peta ini ditampilkan juga rute pendakian dan hal lain yang berkaitan dengan alam.

Bagaimana dengan peta kota? Aplikasi ini memberi informasi dan indeks lengkap mengenai tempat makan dan sejenisnya secara offline.

4. Google Maps

B

Baru-baru ini, Google merilis fitur peta offline untuk mengantisipasi sinyal ponsel yang tiba-tiba menghilang. Dengan aplikasi offline tersebut, Google berharap tetap bisa memandu pengguna meski tanpa internet.

Namun, Anda harus mengunduh peta ini lebih dulu. Secara berkala, Google memperbaharui peta offline dan Anda membutuhkan jaringan internet.

Memang tidak praktis. Namun jika anda sudah mengunduh peta daerah yang ingin Anda lewati, Google menghadirkan pengalaman yang mulus untuk berpindah dari online ke offline--tanpa harus mengganggu navigasi Anda.

Hal terbaik dari Google Maps adalah kebanyakan orang sudah familiar dengan aplikasi ini. Tidak heran memang, mengingat aplikasi ini adalah aplikasi bawaan yang sudah saat anda mengaktifkan ponsel Android Anda.

5. HERE Maps

Aplikasi milik Nokia ini adalah salah satu aplikasi navigasi offline terbaik yang ada di Google Playstore. Bagi pengguna Android, peta ini sedikit membuat canggung karena berbeda dengan aplikasi yang biasa Anda temui.

Aplikasi ini memang dibuat untuk ponsel pintar milik Microsoft (yang dulunya milik Nokia), tepatnya dibuat untuk ponsel seri Lumia.

Untuk mengunduh peta offline ini, Anda juga wajib mendaftar lebih dahulu ke akun Microsoft. Untuk ukuran peta offline, HERE Maps terbilang cukup canggih dan kaya fitur.

Antara lain, navigasi dari tikungan ke tikungan lainnya, mencari jalan atau alamat, view secara satelit atau tradisional, dan fitur lainnya.

Jika Anda menginginkan peta dengan tampilan yang berbeda, anda bisa mencoba aplikasi ini. (ita)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section