1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Mengetahui Proyek Google di Indonesia

Ternyata sudah banyak proyek Google yang melibatkan Indonesia di dalamnya, mulai dari edukasi hingga ranah UKM

By Nur Chandra Laksana 30 Desember 2015 11:01
Google Apps (sumber : apps.google.com)

Money.id - Seperti yang kita tahu, Google memang memiliki banyak agenda dan proyek yang sedang mereka kerjakan. Ternyata Indonesia pun tak luput dari lirikan Google.

Dari ratusan proyek yang dilakukan Google, inilah beberapa daftar proyek Google yang berkolaborasi dengan Indonesia:

Project Loon

Ini adalah proyek kemanusiaan terbaru milik Google. Melalui proyek ini, Google berharap untuk menyambungkan semua orang di manapun yang belum terjamah oleh akses internet.

Sebagai negara maritim, penyebaran internet di Indonesia memang masih belum menjamah daerah terluar kepulauan Indonesia.

Melihat kendala ini, Google telah menggandeng beberapa perusahaan telekomunikasi di Indonesia untuk bergabung untuk menjalankan proyek ini.

Google berharap dengan adanya proyek ini, bukan hanya orang di Indonesia saja, namun seluruh masyarakat dunia yang belum bisa menikmati layanan internet, sesegera mungkin untuk bisa menikmatinya.

Google Street View

Diperkenalkan Google pada 2007, Google Street View pertama kali memang diluncurkan tergabung didalam Google Maps.

Indonesia sendiri masuk dalam proyek ini pada Agustus tahun 2014, di mana hanya bermula dari hanya beberapa kota saja, yakni sebagian wilayah di Jabodetabek, Surabaya, Bogor, dan Bali.

Sekarang Anda bisa melihat berbagai wilayah di Indonesia, contohnya adalah Borobudur, Prambanan, pantai Kuta, dan lainnya.

Namun pada September 2014, Google Maps dan Google Street View dipisah oleh Google.

Yang terbaru dari Google Streetview ini adalah Google Street View Under Water, di mana kita bisa melihat sensasi dalam laut yang menakjubkan.

Dan seiring kedatangan salah satu pendiri Google, yakni Sergey Brin yang tertarik untuk memasukkan Raja Ampat menjadi salah satu lokasi dari Google Street View Under Water. Jika Anda penasaran dengan proyek Google yang satu ini, anda bisa kunjungi lamannya di sini.

Google World Wonder

Apa bedanya Google World Wonder dengan Google Street View? Google World Wonder menggabungkan konsep video, gambar, tampilan Street View, dan sebagainya, untuk memberikan edukasi.

Namun untuk sekarang, Google World Wonder yang ada di Indonesia hanya baru berada di dua tempat saja.

Kedua tempat tersebut adalah Candi Borobudur dan Candi Perambanan. Semoga saja tempat bersejarah lain di Indonesia akan segera ditambahkan oleh Google.

Jika Anda penasaran, silahkan cek di sini.

Google Bisnisku

Jika Anda pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), Google menyediakan sebuah sarana untuk membantu mengiklankan usaha Anda tanpa harus membuat laman website.

Cukup dengan mendaftarkan diri secara gratis, Anda tinggal mengikuti beberapa langkah lanjutan.

Dan, bisnis Andapun akan dipromosikan di kotak khusus di mesin pencarian Google. Untuk mendaftarkan usaha, Anda bisa kunjungi di sini.

Google Apps for Work

Google Apps for Work adalah bentuk dukungan lain Google demi menopang para pengusaha UKM di Indonesia untuk berkembang. Dari 55 ribu UKM yang ada, hanya kurang dari 1 persen yang sudah memanfaatkan teknologi berjualan melalui media online.

Dengan menurunkan harga menjadi sekitar US$30 (dari $50) per tahun, para pengusaha UKM ini diharapkan bisa menjalankan bisnis mereka lebih fokus ketibang mengurusi hal-hal yang menyangkut dengan IT.

Dengan harga yang terjangkau itu, para pengusaha UKM bisa mendapatkan email resmi dan beberapa konten lain, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, dan Hangouts.

Jika ingin mendaftarkan usaha UKM anda untuk mendapatkan keuntungan lebih ini, Anda bisa mengunjunginya di sini.

Google Android One

Google Android One adalah ebuah proyek milik Google yang fokus kepada pemerataan penggunaan ponsel pintar di beberapa negara.

Dengan harga yang murah dan spesifikasi yang mumpuni, produk yang menggandeng tiga mitra lokal, yaitu Nexian, Evercross, dan Mito hadir di Indonesia.

Murah bukan berarti tidak berkualitas. Semua produk Android One bisa mecicipi pembaharuan sistem operasi terbaru milik Google tersebut.

Hal ini dikarenakan Nexus dan Android One adalah prioritas utama untuk masalah pembaharuan sistem operasi. (poy)

(berbagai sumber)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section