1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

3 Tren Baru Media Sosial di 2016

Seiring dengan perkembangannya, fungsi media sosial terus bertransformasi.

By Adhi 29 Desember 2015 18:26
Ilustrasi media sosial (dailygenius.com)

Money.id - Media sosial adalah produk teknologi yang muncul seiring dengan pesatnya perkembanan internet. Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan masih banyak lagi lainnya, menjadi bagian dari kehidupan sehari-sehari bagi banyak orang.

Dengan media sosial semua orang bisa terkoneksi satu sama lain. Semua orang pun bisa saling berbagi informasi dengan cepat. 

Seiring dengan perkembangannya, fungsi media sosial terus bertransformasi. Dari sekedar sebagai media berbagi dan bertemu dengan teman, kerabat, atau keluarga di dunia maya, media sosial pun menjelma menjadi sarana marketing, publikasi, bahkan propganda yang begitu efektif.

Nah, di 2016 mendatang, media sosial diyakini juga akan menawarkan berbagai fungsi baru. Berikut adalah 3 tren media sosial yang diprediksi bakal muncul tahun depan menurut yang dilansir laman makeuseof.com:

1. Semakin cepat, semakin digemari

Dulu orang sudah puas hanya dengan menggunakan Facebook. Namun karena Twitter menyediakan timeline yang lebih cepat dan mudah, maka orang berbondong-bondong pindah ke media sosial tersebut.

Tahun depan, orang tampaknya akan butuh media sosial yang jauh lebih cepat lagi, dan tampaknya media sosial yang menawarkan fitur real time report semacam Periscope akan semakin banyak bermunculan.

2. Sarana publikasi konten

Tahun 2015 ini semakin banyak link konten yang disebarluaskan melalui media sosial. Melihat potensi tersebut, perusahaan seperti Facebook meluncurkan sebuah fitur bernama Instant Articles.

Instant Articles adalah media yang mendukung beberapa website berita terkemuka seperti National Geographic dan Buzzfeed agar mereka dapat menampilkan sebuah artikel dalam format penuh di dalam Facebook. langkah ini membuat user dapat betah waktu berkunjung pun semakin lama.

Tampaknya inilah yang akan berusaha dieksploitasi lebih lanjut di tahun 2016.

3. Berbelanja di media sosial

Seiring dengan media sosial, perkembangan e-commerce pun semakin pesat. Bukanlah hal yang tidak mungkin apabila di 2016, media sosial seperti Facebook dan Twitter akan mengembangkan sayap untuk menyediakan layanan khusus dalam bertransaksi.

Di tahun 2015 saja, Facebook dan Twitter sudah menyediakan tombol Buy khusus yang disediakan bagi akun-akun tertentu yang menjadi sponsor. Ke depannya, hal ini bukan tidak mungkin akan muncul sebagai fitur standar di semua media sosial. (ita)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section