1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Wow, Burung-burung Ini Nampak Seperti Alien

Dengan teknik fotografi chronophotography, Xavi mengabadikan kawanan burung yang sedang terbang dalam kecepatan tinggi.

By Azalia Amadea 12 September 2016 19:18
Foto kawanan burung (cnn.com)

Money.id - Menjadi seorang fotografer harus mampu mengabadikan momen apapun dengan teknik yang dimilikinya untuk menghasilkan karya fotografi yang unik dan luar biasa. Hal ini dibuktikan oleh fotografer asal Spanyol, Xavi Bou dalam karya seri fotografinya yang diberi judul Ornithographies.

Dengan teknik fotografi chronophotography, sebuah teknik kuno berusia 150 tahun, Xavi mengabadikan kawanan burung yang sedang terbang dalam kecepatan tinggi., mengutip laman CNN, Senin 12 September 2016. 

Hasil foto Xavi
© 2016 money.id/cnn.com

Hasilnya sungguh fantastis dan objek burung yang terbang bergerombol jadi terlihat seperti makhluk-makhluk aneh atau bahkan mirip angin tornado.

"Chronophotography menangkap gerakan dalam beberapa frame. Idenya adalah mengambil gambar sebanyak mungkin untuk membekukan setiap gerakan tunggal dari objek yang bergerak," jelas Xavi.

Awalnya dibuat untuk tujuan ilmiah, chronophotography pernah digunakan oleh Eadweard Muybridge, seorang fotografer Inggris pada tahun 1878 untuk membuktikan bahwa kuda memang berderap dengan keempat kaki tanpa menyentuh tanah. 

Hasil foto Xavi
© 2016 money.id/cnn.com

"Perbedaan antara chronophotography kuno dan yang saya gunakan adalah saya menumpuk setiap frame. Karena saya tertarik untuk menciptakan bentuk lengkap yang dihasilkan oleh gerakan-gerakan yang ditangkap oleh setiap framenya," tambah Xavi.

Dengan gaya fotografinya, Xavi menciptakan sebuah gambar unik yang tersusun dari ratusan frame.

"Teknik tersebut akan menghasilkan keindahan tersembunyi yang dimiliki alam," katanya. "Saya menamakan karya itu Ornithographies karena foto-foto tersebut seperti lukisan yang digambar oleh burung-burung di angkasa."

Hasil jepretan Xavi memang terlihat seperti bukan kumpulan burung yang sedang terbang. Ada yang seperti lilitan DNA, naga keluar dari air, ekor layang-layang yang lepas, kawat berduri hingga alien yang terbang di atas lautan.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section