1. HOME
  2. NEWS
KEBIJAKAN PEMERINTAH

Tahun Depan, Pemerintah Fokus Bangun Sembilan Bendungan

Alokasi anggarannya sebesar Rp106,82 triliun dan mengalami penyesuaian sesuai nota keuangan menjadi sebesar Rp105,56 triliun.

By Rohimat Nurbaya 8 September 2016 10:45
Ilustrasi Bendungan (Wikimedia)

Money.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebutkan, instansinya fokus pada program kedaulatan pangan atau ketahanan air. Salah satu realisasinya melalui pembangunan sembilan bendungan baru dari target pembangunan 49 bendungan selama lima tahun masa pemerintahan Jokowi-JK.

"Program prioritas 2017 antara lain pembangunan sembilan bendungan baru yang pada 2014 sampai 2019 telah dilaksanakan pembangunan 30 bendungan," ujar Basuki dikutip dari laman pu.go.id.

Menurut dia, pada 2017 ini pembangunan waduk baru akan mulai dilakukan di Rukoh-Aceh, Lausimeme-Sumatera Utara, Komering II-Sumatera Selatan, Bener-Jawa Tengah, Sidan-Bali, Temef-NTT, Pamukkulu-Sulawesi Selatan, Way Apu-Maluku, Baliem-Papua.

Selain membangun waduk baru, Kementerian PUPR, menurut Basuki, juga akan melakukan pembangunan jaringan irigasi seluas 84.000 hektar, rehabilitasi jaringan irigasi seluas 323 ribu hektar, pembangunan 105 embung, pembangunan sarana dan prasarana pengendali banjir sepanjang 154 kilometer, serta pembangunan atau peningkatan sarana dan prasarana pengelolaan air baku.

"Kami juga akan melakukan pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana pengamanan pantai sepanjang 21 kilometer termasuk untuk penanganan Rob Semarang dan Pekalongan yang kemarin mengganggu jalur mudik Lebaran 2016," ucap dia.

Basuki menjelaskan, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran tahun 2017 untuk mendukung tiga program prioritas nasional yakni ketahanan air/pangan, konektivitas dan perumahan permukiman.

Kata dia, pagu atau alokasi anggaran yang ditetapkan pada 2017 Kementerian PUPR berdasarkan Surat Menteri Keuangan sebesar Rp106,82 triliun dan mengalami penyesuaian sesuai nota keuangan menjadi sebesar Rp105,56 triliun.

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section