1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Puing Pesawat Hangus Diduga Milik MH370 Ditemukan di Madagaskar

Dua bagian memperlihatkan bekas terbakar. Benarkah MH370 terbakar dan jatuh ke dalam laut?

By Dwifantya Aquina 13 September 2016 12:19
Blaine Gibson menemukan puing pesawat diduga milik MH370 (BBC)

Money.id - Lima puing baru, yang diduga merupakan bagian dari pesawat MH370 Malaysia Airlines yang hilang, ditemukan di Madagaskar.

Dua bagian memperlihatkan bekas terbakar, yang jika telah didapat kepastian maka akan menjadi untuk pertama kalinya bekas hangus seperti ini ditemukan.

Blaine Gibson, seorang pria Amerika yang dikenal aktif mencari puing pesawat, menemukan puing itu di Pantai Riake, Pulau Nosy Boraha. Demikian dilaporkan TIME, seperti dikutip pada Selasa 13 September 2016.

Gibson telah mengirimkan gambar temuan terbaru kepada Biro Keselamatan Transportasi Australia dan pejabat Malaysia, yang mengatakan akan segera memeriksanya.

Dalam foto, salah satu pengguna Twitter, Haether Graf, sebagaimana dilansir dari laman TIME, tampak foto Gibson memegang puing yang menyerupai panel belakang kursi pesawat, bersama sisa-sisa sobekan kulit.

Gibson, seorang pengacara yang berbasis di Seattle, sebelumnya pernah juga menemukan puing-puing MH370 di Mozambik.

Gibson menambahkan bahwa yang paling penting adalah dua puing hangus yang ditemukan di dekat Sainte Luce, Madagaskar tenggara.

Meskipun demikian masih belum jelas apakah bekas terbakar karena kebakaran sebelum kecelakaan atau akibat kejadian sesudahnya, katanya.

Bagian kecil lain ditemukan di daerah yang sama dan dua lainnya di pantai Antsiraka dan Riake di timur laut, tempat puing sudah pernah ditemukan.
Kelima puing memperlihat bahan 'sarang madu' yang ditemukan di puing lainnya MH370.

Sedangkan peneliti Australia pada Kamis dikabarkan telah memeriksa sepotong puing lain yang ditemukan terdampar di Kangaroo Island, lepas pantai Australia Selatan. Belum ada keterangan tentang hasil pemeriksaan.

Sejauh ini delapan puing telah ditemukan berserakan di garis pantai sepanjang Samudra Indonesia. Bagian sayap yang disebut flaperon ditemukan di Réunion Island. Dua puing ditemukan di lepas pantai Mozambik dikonfirmasi hampir pasti berasal dari MH370.

Penerbangan Malaysia Airlines MH370 diketahui sedang dalam perjalanan ke Beijing dari Kuala Lumpur ketika menghilang pada Maret 2014 dengan 239 orang di dalamnya.

Penerbangan tersebut diduga mengalami kecelakaan di Samudra Hindia selatan setelah melenceng dari jalurnya.

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section