1. HOME
    2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Cerita Faldi Go Internasional Gara-gara Lumut

Produk boneka lumur Planter Craft sudah dipamerkan di Korea Selatan dan China.

By Rohimat Nurbaya 28 Mei 2016 06:58
CEO Planter Craft, Faldi Adisajana (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Berkat memanfaatkan lumut jadi boneka unik, langkah Faldi Adisajana (23) semakin terang di dunia bisnis. Dengan membawa bendera Planter Craft, kini produk hasil karya Faldi sudah mulai dilirik di dunia internasional, boneka lumut tidak hanya tenar di dalam negeri saja.

Setelah satu tahun lebih malang melintang ke seluruh penjuru negeri, kini boneka lumut buatan mahasiswa pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu sudah dipamerkan di beberapa negara Asia seperti Korea Selatan dan China. Begini ceritanya:

Sekitar tiga bulan lalu, tepatnya Maret 2016, Planter Craft diundang sebuah stasiun televisi swasta untuk wawancara, dari sanalah awal peluang go internasional itu muncul. Tiba-tiba Faldi dihubungi salah satu even organizer (EO) dan meminta supaya ikut dalam pameran agro industri di Korea Selatan.

"Katanya mereka melihat tayangan di stasiun televisi itu, kemudian dapat nomor kontak dari Instgram Planter Craft," ujar Fadli saat berbincang dengan Money.id di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Booth Indonesia Saat Pameran Holtikultura di Korea Selatan (Dok. Planter Craft)

Saat itu perwakilan even organizer tersebut hanya meminta Fadli untuk menyiapkan produk saja. Mereka juga menyanggupi untuk menanggung segala akomodasi pameran di negeri ginseng. Namun, saat itu Faldi masih setengah tidak percaya dan tidak terlalu berharap banyak dari tawaran tersebut.

"Ketika waktu pameran hampir dekat, mereka menghubungi saya lagi, tapi saya sedang ikut pelatihan wirausaha dan pameran lain," tutur dia.

Faldi sempat pusing tujuh keliling karena terlalu banyak even pameran yang mengundangnya. Akhirnya dia memutuskan untuk mengirim produk saja ke Korea Selatan. Semuanya dipercayakan kepada even organizer tersebut. "Saya mengirim beberapa puluh produk saja," katanya.

Booth Indonesia Saat Pameran Holtikultura di Korea Selatan (Dok. Planter Craft)

Di acara pameran produk holtikultura di Korea Selatan itu, Planter Craft juga mengirim beberapa sales promotion girl (SPG) untuk menerangkan boneka lumut yang dipamerkan tersebut. "Saya hanya menyertakan penjelasan saja untuk diterangkan di sana," ucap dia.

Selain dipamerkan di Korea Selatan boneka lumut hasil produksi Planter Craft itu, lalu dibawa ke China oleh even organizer yang sama. Rencananya, selain ke dua negara tersebut akan dibawa lagi ke beberapa negara lain di Asia.

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section