1. HOME
    2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Keteguhan Hati Bawa Pemuda Ini Sukses di Dunia Bisnis

Dengan perjuangan keras, Rizal mampu mengubah keluarganya menjadi lebih baik. Pundi-pundi rupiah dihasilkan dari bisnisnya tidak sedikit.

By Rohimat Nurbaya 26 Mei 2016 17:27
CEO Cera Production, Rizal Kasim (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Memulai bisnis sejak usia muda perlahan menuntun Rizal Kasim, 27 tahun, melangkah menjadi pengusaha sukses. Keteguhan hati yang membawanya ke jalan tesebut, semua dilakukannya dengan penuh keyakinan dan semangat menjadi lebih baik.

Rizal memulai bisnis sejak usia 22 tahun, saat itu dia masih menyandang status sebagai mahasiswa. Kini pemuda asal Yogyakarta itu sudah lima tahun malang melintang di dunia usaha. Bisnis merchandise dengan bendera Cera Production yang dirintisnya sudah menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah untuk kehidupannya.

Awalnya, tidak mudah bagi Rizal untuk memulai sebuah bisnis. Dia sempat bekerja sebagai karyawan di sebuah agensi periklanan, namun tidak kuat berlama-lama bekerja di perusahaan orang lain. Akhirnya lima tahun lalu dia memberanikan diri memulai bisnis sendiri.

"Saya memilih dunia bisnis karena setiap orang punya pilihan. Passion saya di dunia pemasaran," ucap Rizal saat berbincang dengan Money.id di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, beberapa waktu lalu.

CEO Cera Production, Rizal Kasim (mengenakan kemeja putih/Instagram)

Rizal bukan dari kalangan keluarga kaya raya. Bapaknya hanya seorang petani yang hidup berkecukupan. Memang, menurut dia, dulu orangtuanya sempat mencicipi dunia bisnis, namun kerap dijegal kegagalan. Akhirnya ayahnya menyerah dan memilih jadi petani saja.

Kini, semangat bisnis orangtuanya diturunkan kepada Rizal. Untunglah kegagalan itu enggan lagi singgah. Melalui Cera Production, pemuda tersebut sudah mampu menggandeng beberapa perusahan besar sebagai rekan bisnis. Sebut saja PT Pertamina, Bank Indonesia, Bank BRI dan Indosat.

"Omzet sekali proyek lumayan juga cukup besar," tutur Dia. Namun, dia enggan menyebutkan secara detail penghasilan dari Cera Production.

Merchandise yang dijual Cera Production kepada perusahaan-perusahaan besar itu biasanya dipatok mulai yang termurah Rp3.000 setiap satu barangnya, hingga yang termahal Rp6 juta. "Biasanya termahal itu ada pulpen yang sangat ekslusif," jelasnya.

Setiap perusahaan, tentunya tidak akan hanya memesan sedikit merchandise untuk hadiah. Biasanya perusahaan besar memesan hingga ribuan buah. Jadi wajar jika bisnis tersebut beromzet sangat besar dan terus menuntun Rizal ke jalan kesuksesan di dunia bisnis.

Bersambung ke halaman berikutnya...

 

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section