1. HOME
    2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Kafe Ini Bisa Buat Pengunjung Lupa Gadget

Cafe ini tidak menyediakan wifi dan segala macamnya, sehingga gadget tidak diperlukan di sini.

By Rohimat Nurbaya 25 Mei 2016 06:06
Pemilik Board Game Smart Cafe, Winda Varesa (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Kebersamaan bersama orang-orang terdekat dan paling dicintai boleh dibilang harta yang tak terbayar. Bagi penduduk perkotaan yang super sibuk waktu luang untuk sebuah kebersamaan sangat mahal harganya, terutama dengan keluarga. Berapa pun akan dibayar untuk itu.

Namun sayangnya di beberapa kota besar, misalnya Jakarta yang notabene penduduknya sangat sibuk, jarang ada tempat pas bercengkrama bersama keluarga untuk menikmati kebersamaan. Misalnya, ketika datang ke sebuah cafe, pengunjung malah disibukan dengan gadget masing-masing.

Wajar itu terjadi, pasalnya sekarang anak usia sekolah dasar saja sudah dibekali ponsel pintar oleh orangtuanya. Terlebih didukung fasilitas wifi di kafe tersebut, kebersamaan keluarga lagi-lagi terpecah kecanggihan teknologi. Gurau serta canda anak dan orangtua pun kembali 'ternoda'.

Karena latar belakang itu Winda Varesa, mendirikan sebuah kafe sehat yang dinamai 'Board Game Lounge Smart Cafe'. Lokasinya baru ada di Pekanbaru. Di cafe tersebut antara orang terdekat bisa berinteraksi lebih intens dan bisa melupakan semua gadget.

Pengunjung Board Game Smart Cafe Pekanbaru (Instagram)

"Intinya kami ingin memanusiakan manusia yang mana zaman sekarang sudah seperti robot gara-gara asik dengan gadget masing-masing," ujar Winda saat berbincang dengan Money.id di kawasan ICE Bumi Serpong Dami (BSD), Tangerang beberapa waktu lalu.

Beda dengan kafe lainya, Board Game Lounge Smart Cafe tidak menyediakan wifi sama sekali. Mereka malah menyediak berbagai permainan interaktif yang dinamai board game. Seluruh permainan di sana dilakukan secara fisik, bukan di dunia maya.

Konsep itulah yang diyakini Winda akan membuat pengunjung betah berada di cafe miliknya dan meluapakan gadget mereka. Memang, ponsel, laptop dan lain sebagainya tidak ditinggalkan. Gadget tetap ada di tangan pengunjung.

Tapi Winda menjamin dengan berbagai jenis board game yang disediakan di sana, pengunjung akan fokus bersama rekan-rekannya bermain board game disediakan. Semua pengunjung akan berinteraksi dengan orang-orang terdekatnya.

Pengunjung Board Game Smart Cafe Pekanbaru (Instagram)

"Lihat saja, biasanya orang pacaran di kafe malah sibuk masing-masing, satu main laptop satu lagi minum sendiri," ujarnya. Bagi Winda, hal tersebut tidak lazim dan harus segera diselamatkan.

Winda mengaku ada ratusan board game di cafe miliknya, sehingga ketika orang datang ke sana tidak akan pernah bosan meski datang berkali-kali. Terlebih makanan yang disediakan di sana merupakan makanan sehat dan harganya sangat murah.

"Makanan di tempat kami hanya dijual dari Rp10 ribu hingga Rp30 ribu. Semuanya kami patok sangat murah," terang dia.

 

Makasi traktirannya beb @selvianaa_valenn

A video posted by saniati rhodiah, amd.RMIK (@srhodiah) on

 Menurut Winda, tujuan harga makanan di sana dipatok sangat murah agar pengunjung bisa berlama-lama bermain board game dan terus nambah makanan mereka. Jadi meski makanannya dipatok sangat murah, tapi apabila belinya banyak maka untung akan tetap banyak.

"Kalau murah mereka pasti tidak mikir lagi, pasti mereka beli banyak karena mereka mau main lama," jelasnya.

Strategi itulah yang menjadi unjung tombak, Board Game Smart Cafe Pekanbaru dengan cepat menjadi tenar. Pengungjung ke kafe tersebut biasanya terdiri dari anak-anak sekolah dan kuliah, kemudian keluarga, serta para pekerja kantor.

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section