1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Pasien Sekarat Diselamatkan dengan Pesawat Jet Tempur F16

Pesawat tempur itu berhasil mengirim peralatan dalam waktu singkat.

By Rizki Astuti 22 Mei 2016 15:01
Pesawat Jet Tempur F16 (Ubergizmo.com)

Money.id - Minimnya fasilitas kedokteran menjadi masalah di rumah sakit yang terletak di kota kecil. Pasien yang dalam kondisi sekarat pun akhirnya berhasil diselamatkan menggunakan pesawat tempur Jet F-16. 

Dikutip dari Ubergizmo, Minggu 22 Mei 2016, staf rumah sakit meminta bantuan Angkatan Udara Norwergia untuk mengangkut peralatan yang dibutuhkan. 

Pesawat tempur itu berhasil mengirim peralatan yang dibutuhkan rumah sakit di kota Bodo, di wilayah tengah negeri Skandinavia itu, dalam waktu singkat. Rumah sakit di kota Trondheim yang memiliki peralatan melakukan prosedur operasi paru-paru dan jantung prosedur, dan jaraknya sekitar 450 kilometer dari Bodo. 

 

Kepala dokter RS Saint Olaf, Trondheim Anders Wetting Carlsen mengatakan kepada AFP, mereka memutuskan menghubungi pangkalan AU setempat yang memiliki dua jet F-16, untuk mengangkut alat tersebut. 

"Mereka tidak mengajukan macam-macam pertanyaan atau aturan, kecuali berapa ukuran peralatan itu," kata Carlsen.

Kepala Skuadron Udara Borge Kleppe mengatakan kepada harian Norwegia, Verdens Gang bahwa karena kasus yang terbilang darurat, pilot menerbangkan jet lebih cepat dari biasanya.

"Biasanya kami menempuh jarak tersebut dalam 35 menit. Namun, mengingat sifat khusus dari kargo tersebut, pilot menambah kecepatan dari biasanya dan tiba di tempat tujuan kurang dari 25 menit kemudian," katanya. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section