1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Tiga Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Ada vitamin yang harus Anda batasi jumlah asupannya, bila tidak ingin bibir pecah-pecah.

By Dian Rosalina 17 Oktober 2015 09:34
Bibir juga harus dijaga kesehatannya (popsugar.com).

Money.id - Bibir kering dan pecah-pecah tentu sangat mengganggu penampilan. Bila kondisi itu terjadi, rasa percaya diri pasti menurun.

Dikutip laman Healthline, Sabtu 17 Oktober 2015, bibir mudah kering karena tak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya. Lalu apa penyebab bibir kering?

Cuaca
Cuaca tak menentu, kelembaban udara, dan paparan sinar matahari adalah penyebab bibir pecah-pecah. Kondisi tersebut umumnya muncul saat cuaca kering dan dingin.

Vitamin A
Vitamin A mengandung retinol yang mampu menjaga kesehatan kulit dan mata. Vitamin A merupakan sumber antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mecegah penuaan diri. Namun batasi jumlah asupannya, bila tidak ingin bibir pecah-pecah.

Dehidrasi
Dehidrasi adalah gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh lebih banyak mengeluarkan air dan tidak mendapatkan pemasukan cairan yang cukup. Saat dehidrasi tanda yang paling sering ditemukan adalah bibir yang kering dan pecah-pecah.

Cheilitis
Penyakit ini ditandai dengan gejala-gejala termasuk peradangan dan pecah-pecah di sudut bibir. Cheilitis umumnya terjadi pada orang-orang pengidap diabetes, anemia, dan defisiensi imun.

Solusi
Minumlah tiga liter air atau delapan gelas air setiap harinya, serta perbanyak konsumsi sayur. Selain itu, penggunaan produk kecantikan berbahan dasar gula, seperti Sugar Lip Scrub, dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. (ita)

 

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section