1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Awas, Ini Bahaya Duduk Terlalu Lama!

Ahli fisioterapi mengatakan 80-85 persen pria dan wanita mengalami nyeri punggung akibat duduk terlalu lama.

By Dian Rosalina 17 Oktober 2015 08:27
Dampak terlalu lama duduk (northlandwholesale.com).

Money.id - Risiko yang mengancam kesehatan bukan hanya datang dari gaya hidup saja. Tuntutan pekerjaan seperti duduk berlama-lama di balik meja dengan posisi yang sama, ternyata berdampak buruk pada kesehatan.  
Ahli fisioterapi, Ryan Ebert mengungkap, sekitar 80-85 persen pria dan wanita menderita nyeri punggung akibat duduk terlalu lama, dan dengan posisi yang salah. Duduk di kursi yang salah, kata dia, menyebabkan fleksi tulang belakang.

Oleh karena itu, pilihlah kursi yang tepat dan posisi punggung harus tegak. "Usahakan posisi duduk benar dan tidak miring dimana tulang belakang di posisi tegak lurus saat duduk," kata Ryan.

Dikutip laman Stuff, Jumat 16 Oktober 2015 ada beberapa risiko kesehatan lainnya yang disebabkan duduk terlalu lama:

Leher
Ketika duduk, biasanya tulang belakang Anda melengkung dan leher bergerak maju menuju layar komputer Anda. Bila Anda melakukannya terus-menerus, kondisi itu dapat menyebabkan nyeri pada leher dan punggung Anda.

"Kuncinya ada pada posisi layar yang tepat saat berhadapan dengan mata," jelas Ryan.

Penapasan
Ketika bekerja, otomatis Anda membungkuk dan posisi diafragma terbatasi. Padahal ketika bekerja, Anda membutuhkan konsentrasi dan menurunkan kecemasan. Salah satunya dapat ditempuh dengan mengatur pernapasan.

Cobalah teknik yoga equal breathing, yaitu dengan menarik napas selama empat detik dan menghembuskan perlahan di tempo yang sama.

Otot inti
Otot inti atau core muscle adalah otot yang melindungi tulang belakang, punggung, dan menstabilkan gerak tubuh. Otot ini juga membakar kalori saat duduk sehingga membuat panggul lebih kuat. Namun ketika duduk dalam waktu lama, otot inti akan terganggu karena tidak digerakkan.

Lalu bagaimana cara mencegah peningkatan risikonya?

Ryan menyarankan, Anda melakukan gerakan kecil setelah beberapa jam duduk di balik meja kerja. Andapun bisa berjalan kaki selama lima menit. Saat Anda berdiri, letakkan tangan di atas kepala.

"Cara itu dilakukan untuk meregangkan otot-otot yang kaku agar peredaran darah lancar." (ita)

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section