1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Saat Tua Ingin Tetap Kuat? Konsumsi Makanan Super Ini

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan berbagai penyakit serius hingga mematikan.

By Ita Malau 15 Oktober 2015 13:00
Susu sapi (Pixabay)

Money.id -  

Tahukah Anda, sekitar separuh dari penduduk dunia tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Padahal, vitamin yang satu ini memiliki fungsi krusial loh dalam tubuh kita.

Dilansir dari laman Boldsky, 15 Oktober 2015, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan berbagai penyakit serius hingga mematikan, seperti jantung, diabetes, obesitas, osteoporosis, hingga depresi.

Sebetulnya, sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang gratis. Tapi, itu saja tidak cukup.

Anda perlu asupan tambahan, baik dari makanan maupun minuman. 'Tabunglah' vitamin D sedari muda untuk tua yang lebih kuat.

Laman Boldsky sudah merangkum daftar makanan dan minuman yang kaya akan vitamin D, sebagai berikut:

Jamur
Makanan lezat ini merupakan salah satu sumber terbaik untuk vitamin D. Ketika tanaman ini terpapar matahari, dia memproduksi vitamin D.

Selain itu, jamur juga kaya protein dan zink yang bisa mengurangi risiko hipertensi dan berat badan berlebih.

Susu
Minuman lezat inipun sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin D. Segelas susu segar mengandung nutrisi esensial yang sangat dibutuhkan tubuh.

Selain itu, susu juga bermanfaat sebagai antiageing tubuh manusia.

Kuning telur
Tahukah anda, sebutir kuning telur sudah menyediakan 1/10 kebutuhan vitamin D harian kita. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, kuning telur juga baik untuk sistem syaraf dan jantung.

Keju
Yummy, makanan inipun kaya vitamin D karena memang produk turunan dari susu. Keju bisa meningkatkan kualitas tulang dan mencegah osteoporosis.

Hati
Di beberapa negara maju, hati sapi memang tak dikonsumsi. Namun, bahan makanan ini masih dikonsumsi warga di beberapa negara Asia, ternasuk Indonesia. Jika Anda pecinta hati, pastikan sapi dalam keadaan sehat saat dipotong.

Hatipun mengandung vitamin D. Hati bisa membantu penguatan tulang dan meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Salmon
Ikan ini banyak diburu kaum ibu karena kandungannya yang luar biasa untuk tubuh seluruh anggota keluarga. Salmon merupakan salah satu sumber vitamin D.

Selain itu, ikan ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk otak, sekaligus mencegah depresi.

Tuna
Ikan inipun kaya vitamin D. Kandungan pada ikan ini mencegah kulit terbakar dan kanker kulit. Ikan ini juga bisa menjauhkan anda dari kulit kering loh.

 

Tertarik artikel ini? KLIK LIKE

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section