1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Manfaat Luar Biasa Garam untuk Kecantikan dan Kesehatan

Garam ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Yuk simak yang berikut ini.

By Dian Rosalina 11 Oktober 2015 08:00
Ilustrasi garam (Pixabay)

Money.id - Garam yang Anda ketahui mungkin hanya digunakan sebagai penyedap makanan. Tapi tahukah Anda, kandungan mineral termasuk magnesium, kalsium, natrium, dan kalium berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda.

Dilansir dari Womens Health, Sabtu 10 Oktober 2015 berikut adalah cara mengolah garam menjadi produk kecantikan yang bisa Anda gunakan.

Masker
Campuran garam dan madu memiliki kegunaan sebagai anti-inflamasi untuk menenangkan kulit dan mengobati jerawat pada wajah Anda. Bahan tersebut membantu menyeimbangkan produksi minyak berlebih yang ada di lapisan kulit Anda. Ambil dua sendok teh garam dan empat sendok teh madu lalu aduk hingga membentuk pasta.

Oleskan secara merata pada wajah Anda untuk membersihkan kulit yang kering, tunggu 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda akan melihat kulit mati telah rontok dari wajah Anda.

Toner Wajah
Garam berguna untuk membersihkan pori-pori kulit sampai kedalam dan menyeimbangkan produksi minyak yang akan memicu timbulnya jerawat. Campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat., lalu masukan ke botol semprot kecil. Pakailah dua kali sehari untuk hasil maksimal. Tapi jangan sampai terkena mata, ya.

Body Scrub
Mungkin Anda pernah mendengar lulur garam. Garam membantu pengelupasan kulit secara alami dan memiliki mineral untuk melembutkan dan melembabkan kulit. Campur seperempat cangkir garam dan minyak zaitun atau minyak kelapa, lalu aduk hingga berbentuk pasta.

Gunakanlah body scrub ini saat Anda mandi, garam dengan mudah merontokkan sel kulit mati Anda.

Rejuvunating Scrub
Untuk mengembalikan keremajaan kulit Anda, campurkan seperempat jus lidah buaya, ditambah dengan minyak lavender lalu aduk sampai berbentuk pasta. Kemudian gosokkan keseluruh tubuh Anda saat mandi, dan bilas hingga bersih.

Relaxing Salt Bath
Selain merontokkan sel kulit mati, garam juga bisa menyerap kotoran, debu, dan racun yang ada pada kulit Anda. Tambahkan garam kedalam bak mandi atau bath tub Anda yang sudah diisi dengan air hangat. Berendamlah selama 15-30 menit untuk mengembalikan pelindung kulit Anda yang hilang akibat aktivitas Anda.

Perawatan Kulit Kepala
Garam dapat merangsang sirkulasi kulit kepala Anda agar lebih sehat. Bahan ini juga menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala dan untuk mencegah timbulnya jamur serta ketombe. Taburkan 1-2 sendok teh garam di kulit kepala Anda, lalu pijat kulit kepala Anda selama 10-15 menit. Setelah itu keramaslah seperti biasa.

Pemutih Gigi
Garam dan baking soda dapat menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Garam juga mengandung fluorida alami yang biasa digunakan untuk produk pasta gigi. Campurkan satu sendok teh garam dan dua sendok teh baking soda. Lalu sikatlah gigi Anda dengan campuran kedua bahan tersebut.

Mouth Wash
Disinfektan yang ada dalam garam dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan radang gusi. Campurkan setengah sendok teh garam dan air hingga larut. Kumurlah seperti biasa lalu buang.

Nail Treatment
Tidak hanya tubuh dan mulut Anda, garam juga dapat melembutkan kutikula dan memperkuat kuku Anda. Baking soda dan lemon berguna untuk mencerahkan warna kuku Anda dan membuat kuku Anda tampak lebih sehat.

Campurkan satu sendok teh garam, satu sendok teh baking soda, satu sendok teh jus lemon dan air hangat kedalam mangkuk kecil. Rendam kuku selama 10 menit, kemudian gosok dan bilas. (dwq)

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section