1. HOME
  2. FRESH

Rambut Anda Rontok Parah? Cek Penyebabnya

Jangan biarkan rambut Anda rontok. Cari tahu penyebabnya untuk pencegahan

By Ita Malau 16 Oktober 2015 15:11
Ilustrasi rambut rontok (hairloss.org)

Money.id - Rambut Anda sedang rontok parah, dan Anda bingung penyebabnya apa? Menurut laman Boldsky, ada beberapa penyebab rambut rontok berlebihan.

Salah satu penyebab itu adalah kekurangan vitamin. Penyebab lainnya, antara lain, produk-produk kimia yang keras.  

Jagalah rambut Anda dengan perawatan yang baik sehingga tidak rusak. Anda tentu tidak ingin kan kepala Anda botak karena rambut rusak dan rontok parah.

Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui:

1. Kurang vitamin B12
Vitamin B12 dan zat besi merupakan dua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menumbuhkan rambut yang sehat. Oleh karena itu, kekurangan vitamin bisa menyebabkan rambut rontok.

2. Stres
Stres tak hanya merusak kesehatan mental, tapi juga kesehatan tubuh Anda. Waspadai ketika rambut rontok di saat pekerjaan tengah menumpuk.

Rambut rontok itu merupakan sinyal tubuh yang berteriak karena terdampak oleh stres. Carilah cara agar pekerjaan tidak sampai menimbulkan stres berlebihan.

3. Menyisir kasar
Cobalah menyisir rambut Anda dengan perlahan dan lembut. Rambut akan rontok jika Anda menyisirnya terlalu keras dan kasar. Kepala Andapun jadi sakit kan?

Selain itu, hindari juga menyisir kala rambut masih basah. Hal ini akan membantu Anda mengurangi jumlah rambut yang jatuh.

4. Diwarnai
Rambut berwarna memang menjadi godaan bagi sebagian orang. Masalahnya, krim pewarna rambut biasanya terbuat dari bahan kimia yang keras dan menyebabkan rambut kering dan rontok.

Jika Anda sangat ingin mewarnai rambut, tapi tidak ingin merusak mahkota kepala, coba saja pewarna natural. Sejumlah toko menyediakan pewarna rambut alami, misalnya henna.

5. Hamil dan melahirkan
Sebagian besar wanita pasti merasakan 'bencana' rontok ini saat hamil dan setelah melahirkan. Rontok ini tak perlu dikhawatirkan karena rambut akan tumbuh kembali seiring berjalannya waktu. Rontok di masa kehamilan dan melahirkan disebabkan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita.

6. Pengering rambut
Buru-buru berangkat ke kantor, tapi rambut masih basah? Sering mengalami ini? Biasanya, para wanita mengambil jalan pintas, keringkan rambut dengan hair driyer dengan suhu paling tinggi.

Sekali dua kali sih mungkin tidak terlalu merusak rambut. Namun jika hal ini Anda lakukan nyaris setiap hari, bersiaplah dihantui rambut rontok.

Hair driyer suhu tinggi membuat rambut kering dan kusam. Dalam jangka panjang, rambut Anda akan rapuh dan rusak. Ini juga penyebab rambut rontok lainnya.   

6. Pengobatan
Beberapa jenis obat berefek samping rambut rontok. Konsultasikan dengan dokter Anda ketika rambut mulai rontok parah saat mengonsumsi obat yang diresepkan.

(im/im)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section