1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Taman Bunga Nusantara, Taman Indah di Cianjur

Harga tiket masuk ke Taman Bunga Nusantara seharga Rp30 ribu per orang.

By Azalia Amadea 1 April 2016 10:59
Ilustrasi Taman Bunga Nusantara, Cianjur (Flickr.com)

Money.id - Taman menjadi lahan hijau yang sangat dibutuhkan sebagai sumber oksigen. Tak heran jika taman tersebar di seluruh penjuru kota dan menjadi lahan hijau yang wajib ada di setiap kota.

Ternyata selain sebagai lahan hijau, taman juga menjadi tempat favorit warga berwisata dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Salah satu taman favorit yang dijadikan sebagai tempat wisata adalah Taman Bunga Nusantara.

Taman seluas 50.000 meter persegi ini terletak di Jalan Mariwati Km. 7, Cianjur, Jawa Barat. Taman Bunga Nusantara dapat dikatakan sebagai salah satu aset wisata berbasis argo wisata nasional dengan skala internasional.

Dani Bustanil Arifin, wanita pemerkarsa sekaligus Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara yang mulai merintis pembangunan taman tersebut pada tahun 1992. Secara intensif pembangunan tahap awal taman ini dimulai pada tahun 1993.

Foto: tamanbunga-nusantara.com

Taman ini dibuka oleh Soeharto yang saat itu masih menjadi Presiden pada tanggal 10 September 1995. Dalam pembukaan taman tersebut sekaligus juga diperingati 50 tahun kemerdekaan Indonesia. Pada hari itu juga istri dari Soeharto yaitu Tien Soeharto meresmikan Menara Pandang setinggi 28 meter.

Tak hanya itu tempat wisata ini terus mengembangkan fasilitasnya sebagai taman wisata bunga sekaligus taman bermain. Hal tersebut dibuktikan dengan dibukanya taman bermain Alam Imajinasi pada ulang tahun pertama taman tersebut.

Alam Imajinasi merupakan area bermain anak-anak dengan 10 jenis permainan di antaranya go-carts, bom bom boat dan kereta api uap dengan model kuno.

Taman bermain tersebut terletak tepat di belakang areal taman bunga dengan luas 7 hektar. Taman ini mulai dikenal secara Internasional semenjak keikutsertaan Taman Bunga Nusantara dalam parade kendaraan hias Tournament of Roses di Pasadena, California.

Taman ini sangat cocok sebagai tempat wisata bagi mereka yang ingin melepas penat setelah bekerja. Lingkungan taman yang asri, indah, bersih, dan tenang mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran kembali segar.

Harga tiket masuk ke Taman Bunga Nusantara seharga Rp30 ribu per orang. Anda juga dapat memilih tiket Dotto Trains seharga Rp40 ribu per orang, yang sudah termasuk tiket masuk dan tiket keliling taman menggunakan kendaraan kereta Dotto berkapasitas 50 orang.

Atau sebagai pilihan lain Anda dapat membeli tiket Garden Tram dengan harga yang sama Rp40 ribu per orang, sudah termasuk tiket masuk dan keliling menggunakan kendaraan Garden Tram berkapasitas 20 orang.

Bagi Anda yang lelah berkeliling taman bunga tersebut, Anda dapat berkeliling menggunakan kereta Wara Wiri dengan harga tiket Rp5 ribu saja. Tiket Wara Wiri bisa Anda dapatkan di Loket penjualan Tiket yang berada di dalam lokasi Taman Bunga Nusantara.

Sejak diresmikannya taman ini sampai akhir tahun 2010, Taman Bunga Nusantara telah dikunjungi oleh 5.976.403 pengunjung. Didominasi oleh pengunjul domestik 96 persen, wisatawan asal Timur Tengah 2 persen, wisatawan asal Eropa 1 persen dan asal Amerika 1 persen.

Di dalam Taman Bunga Nusantara terdapat 9 area taman tematik seperti Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Jepang, Taman Rahasia (Labirin), Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem dan taman di dalam Rumah Kaca.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section