1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Bahayanya jika Tubuh Mengalami Dehidrasi

Tubuh manusia berisi 70 persen cairan. Maka dari itu betapa pentingnya air dalam tubuh kita.

By Azalia Amadea 30 Maret 2016 08:35
Ilustrasi minum air (fitlife.tv)

Money.id - Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Kekurangan cairan dua persen saja dapat membuat kita kehilangan konsentrasi sehingga menjadi tidak fokus.

Cairan dalam tubuh memiliki banyak fungsi seperti; mengatur suhu tubuh, melancarkan aliran darah, membuang racun dan sisa makan, membantu sistem pernafasan, menjaga kelembapan dan tekstur kulit, serta membantu sistem pencernaan.

Tubuh manusia berisi 70 persen cairan. Maka dari itu betapa pentingnya air dalam tubuh kita. Cairan dapat keluar melalui keringat, buang air besar dan urine.

"Kebutuhan air setiap manusia berbeda-beda. Dibedakan oleh beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin dan kadar lemak dalam tubuh. Maka dari itu, agar tubuh tidak kekurangan cairan kita harus mengetahui kebutuhan air tubuh kita terlebih dahulu," kata Elvina Karyadi Direktur Micronutrient Initiative dalam diskusi tentang "Kenali 7 Manfaat Ion untuk Aktivitas Sehari-Hari" di Jakarta, Selasa 29 Maret 2016.

Komposisi cairan dalam tubuh salah satunya dapat dibedakan dalam jenis usia. Untuk usia anak-anak, 75 persen dari berat tubuh merupakan cairan. Sedangkan wanita, 55 persen dari berat tubuhnya cairan.

Berbeda dengan anak-anak dan wanita, pria, 65 persen dari berat tubuhnya merupakan cairan. Jadi, terbayang jika tubuh kekurangan cairan maka akan mengalami dehidrasi hingga mengakibatkan infeksi saluran kandung kemih dan kerusakan pada fungsi ginjal.

Dehidrasi terdiri dari tiga tingkatan yaitu dehidrasi ringan yang disebabkan oleh kekurangan cairan 5 persen dari berat tubuh. Keluhan itu dapat diatasi dengan meminum cairan oralit atu zinc.

Lalu, dehidrasi sedang yang disebabkan oleh kekurangan cairan 5-10 persen dari berat badan. Dan tingkat dehidrasi berat yang disebabkan oleh kekurangan cairan lebih dari 10 persen berat badan.

Untuk mengatasi dehidrasi tingkat sedang dan berat, penderita harus dibantu oleh infus--memperbaiki--jumlah cairan dalam tubuh. Dehidrasi tersebut biasanya disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran kandung kemih maupun gangguan ginjal.

Untuk mencegah dehidrasi, setiap manusia harus memenuhi kebutuhan tubuhnya akan cairan. Cairan atau air atau mineral bisa didapat dari bebagai sumber selain air putih seperti sayuran dan buah-buahan. Tubuh pada umumnya membutuhkan dua liter atau sekitar delapan gelas per hari.

Mereka yang aktif berolahraga akan lebih membutuhkan cairan dengan kadar yang lebih banyak. Maka dari itu, mereka yang aktif berolahraga disarankan untuk meminum dua liter air putih setiap hari ditambah meminum cairan mengandung isotonik sebagai pengganti ion yang hilang. (poy)

Baca Juga

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section