1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Cara Agar Kamar Mandi Selalu Bersih dan Rapih

Kamar mandi mencerminkan keindahan, kebersihan dan kesehatan keluarga.

By Azalia Amadea 27 Maret 2016 11:05
Ilustrasi kamar mandi bersih dan rapih (Foto: diy.com)

Money.id - Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang vital di dalam rumah. Kamar mandi juga harus selalu terjaga bersih dan rapih, sehingga terhindar dari bakteri dan kuman.

Sayangnya terkadang membersihkan kamar mandi menjadi tugas yang berat. Banyaknya anggota keluarga yang memakai kamar mandi tersebut terkadang membuat kamar mandi menjadi berantakan dan kotor.

Namun, bagaimana pun keadaannya kamar mandi harus tetap terjaga wangi, bersih dan rapih. Dilansir dari laman vemale.com Sabtu 26 Maret 2016 berikut tips mudah agar kamar mandi Anda di rumah tetap wangi, bersih dan rapih.

1. Buang yang Tidak Terpakai.
Seringkali kita lupa (atau malas) merapikan lemari kaca atau rak kamar mandi sehingga barang yang sudah tak terpakai menumpuk dan membuat berantakan. Sangat penting untuk mengecek dan membuang kemasan produk yang sudah kosong atau kedaluwarsa seperti shampo, sabun cair, sabun pencuci muka, kondisioner, dan sebagainya. Cukup tempatkan produk toilettries yang masih terpakai.

2. Rapikan Kabinet.
Bersihkan kabinet kamar mandi dengan membuang barang-barang yang sudah berumur lebih dari setahun. Selain untuk menghindari kamar mandi tampak 'kumuh' karena barang yang sudah terlihat usang, hal ini juga penting untuk mengusir bakteri yang mungkin bersarang selama berbulan-bulan di benda-benda tersebut.

3. Bersihkan Tempat Sabun.
Jika Anda menggunakan sabun batangan, Anda mungkin akan menaruhnya di lempengan atau piring khusus sabun. Nah, tempat menaruh sabun ini harus dibersihkan secara teratur, minimal seminggu sekali. Residu sabun yang bertumpuk di tempat itu bisa menjadi sarang kuman dan membuat kamar mandi tak higienis. Cukup bersihkan menggunakan air dan sikat.

4. Ganti Sikat Kamar Mandi Secara Berkala.
Sikat pembersih kamar mandi, sebaiknya diganti setiap 6 bulan sekali. Pemakaian reguler biasanya akan membuat ujung-ujung sikat membengkok dan kurang maksimal saat melakukan pembersihan.

5. Tempatkan Kamper Pada Sudut-Sudut Kamar Mandi.
Menempatkan kapur barus atau kamper di sudut-sudut ruang kamar mandi dapat membantu mencegah serangga seperti kecoa bersarang di kamar mandi. Selain itu, kamper tersebut juga dapat membuat kamar mandi menjadi wangi dan terbebas dari bakteri.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section