1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tips Mudah dan Cepat Bersihkan Kulkas di Rumah

Bersihkan kulkas minimal dua bulan sekali untuk menjaga isi kulkas tetap segar dan sehat.

By Azalia Amadea 22 Maret 2016 16:00
Ilustrasi membersihkan kulkas (Foto: shutterstocks.com)

Money.id - Kulkas atau lemari pendingin menjadi salah satu tempat penyimpanan makanan dan minuman di rumah. Namun, dengan menyimpan makanan di kulkas belum menjamin makanan Anda terhindar dari kuman maupun bakteri.

Terlebih menyimpan makanan segar yang lebih berpotensi terkena kuman dan bakteri di kulkas. Oleh karena itu, membersihkan kulkas menjadi salah satu rutinitas rumah tangga yang wajib dilakukan.

Membersihkan kulkas wajib dilakukan minimal dua bulan sekali untuk menjaga kulkas agar tetap dalam kondisi higienis. Dilansir dari laman vemale.com Selasa 22 Maret 2016 berikut tips mudah dan cepat membersihkan kulkas di rumah.

1. Kosongkan. Sebelum dibersihkan, kosongkan semua barang dari kulkas. Sortir produk-produk yang sudah kedaluwarsa dan masih bagus.

Meskipun masa kedaluwarsa belum habis, tetapi sudah berbau tidak enak, sebaiknya juga disingkirkan. Mengosongkan isi kulkas akan memudahkan Anda membersihkan dan merapikan kulkas.

2. Bersihkan rak dan laci. Agar bersih maksimal, jangan lupa lepaskan rak serta laci kulkas, lalu sikat menggunakan spons di setiap sisinya. Siapkan air hangat yang telah diberi sabun, lalu celupkan spons dan gunakan untuk membersihkan rak serta laci kulkas. Taburkan baking soda pada noda yang sulit hilang hanya dengan sabun, kemudian sikat kembali menggunakan spons dan bilas.

3. Keringkan. Setelah selesai dibersihkan, jangan langsung memasukkan makanan ke dalam kulkas. Sangat penting untuk mengeringkan sisa-sisa pembersih dan kotoran agar kuman tidak betah berlama-lama di tempat lembap. Setelah itu tempatkan kembali rak ketika bagian dalam kulkas sudah benar-benar kering.

4. Berikan pewangi. Untuk mengusir bau tak sedap dari kulkas, usap bagian dalam kulkas menggunakan kain lap yang telah disemprotkan cairan pembersih. Anda juga bisa menggunakan paper towel yang telah dibasahi air dengan beberapa tetes ekstrak vanilla, atau Anda dapat membeli pengharum kulkas di supermarket.

5. Atur posisi makanan. Tata kembali isi kulkas, pastikan untuk memisahkan beberapa jenis makanan agar tidak terjadi kontaminasi silang (bakteri dari satu makanan menyebar ke makanan lain, dan sebaliknya).

Jagalah kebersihan kulkas agar makanan dan tentunya keluarga Anda juga terjaga kesehatannya. Menjaga kulkas tetap bersih juga dapat membuat sajian makanan menjadi lebih nikmat. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section