1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Menstruasi Tidak Teratur? 5 Bahan Herbal Ini Solusinya

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakteraturan menstruasi beragam, dari berubahnya gaya hidup hingga perubahan hormon.

By Azalia Amadea 24 Maret 2016 12:16
Ilustrasi minuman herbal (Foto: mysticalmagicalherbs.com)

Money.id - Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami wanita. Namun, tidak semua wanita mengalami jadwal menstruasi teratur.

Bahkan ada wanita yang tidak menstruasi hingga tiga bulan hingga satu tahun. Menstruasi yang tidak teratur diakibatkan oleh fluktuasi abnormal dalam durasi siklus bulanan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakteraturan menstruasi beragam, seperti perubahan gaya hidup. Ada penyebab lainnya seperti ketidakseimbangan hormon dalam tubuh wanita tersebut.

Melansir dalam laman boldsky.com Kamis 24 Maret 2016, berikut bahan-bahan herbal yang dapat mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur pada wanita.

Biji wijen
Biji wijen kaya akan berbagai nutrisi, mineral, dan vitamin yang dapat membantu melancarkan dan mencegah nyeri saat menstruasi. Rendam biji wijen dalam air semalaman lalu saring dan minum airnya. Minum air rendaman biji wijen 2 kali dalam sehari agar periode menstruasi menjadi teratur.

Jintan
Jintan atau biji jintan juga dapat membantu melancarkan menstruasi yang tidak teratur. Caranya dengan merendam 1 sendok teh jintan di air dan minum air rendamannya boleh mencampurkan dengan 1 sendok teh madu. Zat besi yang dihasilkan jintan dapat mengganti pasokan zat besi yang hilang pada saat wanita tersebut menstruasi.

Pepaya
Pepaya adalah buah yang kaya akan nutrisi, antioksidan, dan senyawa penyembuh. Dalam buah pepaya juga terkandung zat yang dapat meluruhkan darah sehingga dapat melancarkan menstruasi. Buah pepaya muda adalah yang paling cocok untuk mengatasi masalah ketidakteraturan menstruasi.

Bunga hibiscus
Bunga cantik ini dapat mengatur keseimbangan estrogen dan progesteron dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mengatur siklus bulanan menstruasi menjadi teratur dan seimbang.

Daun basil
Ramuan daun basil dipercaya para dokter sebagai salah satu obat herbal yang dapat membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur pada wanita.

Daun basil juga dipercaya dapat mengatasi kram perut yang dialami oleh wanita menstruasi. Caranya dengan menghaluskan beberapa lembar daun basil dan beri 1 sendok teh madu.

Obat-obatan berbahan dasar herbal memang dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit, salah satunya ketidakteraturan periode menstruasi. Selain itu, obat herbal juga kaya akan nutrisi yang dapat membantu tubuh tetap sehat. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section