1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Atasi Mag dengan Minum Jamu Sinom

Jamu sinom dapat meredakan peradangan pada lambung saat mag menyerang.

By Azalia Amadea 21 Maret 2016 09:01
Ilustrasi sajian jamu sinom (Foto: vemale.com)

Money.id - Radang Mag (lambung) adalah gejala penyakit yang menyerang lambung
dikarenakan terjadi luka atau peradangan. Gejala-gejala orang terkena mag adalah rasa sakit atau mulas pada perut, mual, dan perih.

Radang mag juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Penyakit memang dapat diobati dengan obat-obatan siap minum, namun ternyata ada obat herbal khusus yang dapat mengurangi mag yaitu jamu sinom.

Kandungan pada jamu ini dapat mengurangi peradangan yang terjadi di lambung saat mag melanda.

Dilansir dari berbagai laman, Senin 21 Maret 2016, jamu sinom tidak jauh berbeda rasanya dengan jamu kunir asam atau jamu kunyit asam. Perbedaannya hanya terletak pada adanya tambahan bahan sinom.

Bahkan beberapa penjual jamu tidak menambahkan bahan sinom tersebut karena dinilai langka. Sinom merupakan salah satu rempah yang mirip dengan buah asam atau dalam bahasa Jawa disebut 'godhong asem enom.'

Hanya saja ada beberapa pedagang jamu yang menyiasatinya dengan mengurangi jumlah bahan baku namun menambahkan sedikit gula. Tak jarang jamu sinom juga dilengkapi dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti temulawak, biji kedawung, dan jeruk nipis.

Sama seperti halnya dengan pembuatan jamu pada umumnya, pembuatan jamu sinom juga sangat sederhana. Caranya hanya cukup semua bahan ditumbuk kasar, lalu direbus, dan disaring lalu diambil sarinya.

Selain mengurangi sakit mag, jamu ini dipercaya dapat mengobati sariawan, menyegarkan tubuh,  melangsingkan tubuh, melancarkan haid, menyuburkan kandungan, menyembuhkan diare, dan mendinginkan perut. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section