1. HOME
  2. FRESH
FRESH

7 Hal Penting untuk Jaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Persiapkan diri saat memasuki musim hujan dengan memperhatikan tujuh hal berikut ini.

By Azalia Amadea 16 Februari 2016 13:01
Ilustrasi musim hujan (Foto: cnn.com)

Money.id - Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan. Seperti diketahui, musim hujan juga membawa berbagai penyakit seperti demam, pusing, batuk, pilek, diare bahkan DBD.

Terutama anak-anak banyak yang terserang penyakit, sehingga kegiatan mereka terganggu.

Apalagi Anda yang juga merupakan seorang pekerja, kondisi tubuh tidak sehat pasti sangat mengganggu pekerjaan.

Ketika musim hujan datang, Anda harus memayungi diri dengan berbagai suplemen agar tubuh tetap sehat dan segar, sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Melansir dalam laman euorhealth.com Selasa 16 Februari 2016, berikut tujuh cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tubuh dari berbagai serangan penyakit saat musim hujan.

1. Sedia payung dan jas hujan
Ada pepatah mengatakan "sedia payung sebelum hujan" pepatah tersebut sangatlah tepat. Sediakan payung dan jas hujan selalu dalam tas Anda agar ketika berpergian tiba-tiba hujan datang, Anda sudah siap melindungi tubuh dari kebasahan. Kehujanan dapat menjadi penyebab utama Anda terkena demam, pusing, batuk ataupun pilek.

2. Vitamin C
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, rutinlah meminum Vitamin C atau memakan buah dan sayur yang kaya akan Vitamin C.

Suplemen tersebut dapat membantu Anda melindungi diri dari berbagai penyakit. Vitamin C akan mengaktifkan antibodi Anda dan mengurangi tubuh dari rasa kedinginan akibat hujan.

3. Mandi setelah kehujanan
Jika Anda sudah terlanjur basah akibat kehujanan, usahakan untuk langsung mandi ketika sampai di rumah.

Mandi dengan air hangat sehabis kehujanan selain dapat merelaksasi tubuh juga dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi virus.

4. Minuman hangat
Agar tubuh tidak terasa kedinginan sebaiknya minumlah minuman yang hangat-hangat. Hindari terlebih dahulu minuman dingin atau es krim.

Apalagi jika sehabis Anda mandi, meminum teh hangat atau memakan semangkuk sup hangat dapat kembali menyegarkan tubuh Anda.

5. Jagalah kebersihan
Lingkungan yang kotor akan menjadi penyebab utama tubuh terserang penyakit. Maka dari itu, jagalah lingkungan sekitar Anda agar tetap bersih.

Nyamuk penyebab DBD akan muncul pada lingkungan yang kotor dan banyak tergenang air, periksalah kembali kebersihan lingkungan Anda agar tidak terserang sakit.

6. Minumlah banyak air putih
Asupan air putih yang cukup dapat mengurangi secara alami penurunan mendadak dalam suhu tubuh akibat pergantian musim. Air putih juga dapat membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

7. Perhatikan asupan dalam tubuh
Kesehatan tubuh akan terjaga oleh asupan yang masuk ke dalam tubuh. Coba perhatikan makanan yang Anda konsumsi, jagalah pola makan saat musim seperti ini.

Sebaiknya, usahakan untuk membuat makanan sendiri agar kebersihan dan kesehatan makanan terjamin. Serta perbanyaklah memakan buah dan sayur. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section