1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Ciri-ciri Kuku Sehat, Apakah Milik Anda Salah Satunya?

Kuku yang sehat adalah kuku yang memiliki warna agak kemerahan, tidak pucat, dan terdapat...

By Dian Rosalina 29 Maret 2016 09:05
Ilustrasi kuku sehat (abcnews.go.com)

Money.id - Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang kurang diperhatikan secara detail, khususnya bagi para wanita yang aktif bekerja di luar ruangan. Padahal kuku bisa menjadi penanda kondisi kesehatan seseorang.

Tak heran banyak yang tidak menyadarinya, dan cenderung acuh terhadap kesehatan kuku mereka. Bila Anda adalah orang yang kurang peka terhadap kuku, cobalah periksa kuku Anda sekarang.

Menurut Nail Artist Lunula Nail Salon, Yunia Santi, kuku yang sehat adalah kuku yang memiliki warna agak kemerahan, tidak pucat, terdapat setengah lingkaran putih pada kuku, kuat dan tidak berwarna kuning. Jika kuku Anda tidak seperti ini, mungkin kuku Anda termasuk yang tidak sehat.

"Penyebabnya bisa karena terlalu sering memakai nail polish dan tidak ada perawatan sama sekali. Saya sih menganjurkan agar kuku tetap sehat, melakukan perawatan kuku ke salon kuku setiap dua minggu sekali. Untuk membersihkan kutikula kuku dan memberikan vitamin penguat kuku," kata Santi kepada Money.id, di Lunula Nail Salon, Jakarta Selatan, Selasa 29 Maret 2016.

Namun, bila tidak ada waktu untuk merawatnya di salon kuku, Anda bisa juga melakukan perawatan di rumah. Seperti menggunting kuku, dan mengkikir kuku-kuku hingga berbentuk.

Hanya saja, wanita berumur 34 tahun tersebut lebih menganjurkan untuk perawatan ke salon, karena tidak semua orang bisa telaten melakukannya di rumah. Selain itu, banyak juga faktor yang mempengaruhi kesehatan kuku tangan dan kaki.

"Ya selain kurangnya perawatan medicure dan pedicure, faktor usia pun mempengaruhi kesehatan kuku itu sendiri. Semakin tidak dirawat, kuku pun akan mudah rapuh," ujarnya.

Santi menyarankan untuk memperhatikan makanan yang diasup, seperti sayur, buah dan makanan yang tinggi kalsium. Sebab kuku terbentuk dari tulang, jadi orang yang memiliki kuku kurang bagus karena dari sisi makanannya pun tidak diperhatikan. (dwq)

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section