1. HOME
  2. FINANCE
FRESH

4 Pelajaran 'Buruk' dari Bangku Kuliah

Menduduki bangku kuliah memberikan manfaat yang tak terhitung jumlahnya, tetapi duduk di bangku kuliah bukan berarti tidak ada pelajaran buruk.

By Abdul Kharis 31 Maret 2016 12:48
Mahasiwa saat lulus kuliah (pixabay)

Money.id - Perguruan tinggi sangatlah penting, tidak ada keraguan tentang hal itu. Menduduki bangku kuliah memberikan manfaat yang tak terhitung jumlahnya. Tetapi bukan berarti tidak ada pelajaran buruk.

Mengutip dari cheatsheet.com, Kamis, 31 Maret 2016, berikut adalah 4 pelajaran terburuk dari bangku kuliah.

1. Bangku kuliah berbeda dengan pekerjaan
Apakah Anda kuliah jurusan bisnis, matematika, seni, atau komunikasi? Tidak ada gelar kuliah dapat mencakup setiap pekerjaan di luar sana, sehingga masing-masing melakukan yang terbaik untuk menempatkan posisi di pekerjaan.

Sepertiga karyawan berpendidikan tinggi bekerja di luar jurusan mereka. Perguruan tinggi jarang membuat siswa menyadari fakta ini, lulusan perguruan tinggi akan mengubah karir sebanyak 11 atau 12 kali sepanjang hidup.

2. Selalu merasa ada kesempatan kedua
Kebanyakan perguruan tinggi memiliki kebijakan yang memungkinkan siswa untuk mengurus kembali mata kuliah walau telah gagal, tanpa banyak konsekuensi. Seperti kampus yang mengadakan remedial untuk ujian utamanya.

Di tempat kerja, jika karyawan bekerja tidak memenuhi harapan, langsung akan dipecat. Tidak ada remedial atau kesempatan kedua di tempat kerja.

3. Setelah lulus kuliah merasa pelajaran selesai
Banyak orang yang merasa pelajaran sudah selesai setelah lulus dari kuliahnya. Padahal, kenyataanya masih banyak ruang kelas yang bisa dimasuki di luar bangku kuliah.

Tantanglah diri Anda dan belajar keras untuk mempelajari informasi baru. Hidup adalah ruang kelas dan selalu ada waktu untuk belajar.

4. Kebiasaan berpesta dan berhura-hura
Bagi banyak mahasiswa, hidup adalah pesta dan berhura-hura. Hal ini disebabkan, perguruan tinggi mengajarkan keseimbangan kerja-kehidupan yang menyenangkan.

Setelah kuliah berakhir, saatnya untuk berkarier dan memiliki keluarga. Kedua hal ini akan jauh sekali dengan berpesta dan berhura-hura.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section