1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Jurus Jitu Menambah Tabungan dengan Cepat

Idealnya, Anda dapat menabung sekitar 10% hingga 20% dari penghasilan bulanan Anda.

By Dwifantya Aquina 31 Maret 2016 12:26
Ilustrasi menabung (blog.credit.com/HaloMoney)

Money.id - Sudahkah Anda mulai menabung? Menabung merupakan kegiatan yang perlu dilakukan sejak dini, bahkan sejak Anda masih kecil. Jika saat ini Anda merasa tidak ada sedikitpun dari penghasilan yang bisa disisihkan, maka sudah saatnya Anda mengecek pengeluaran selama ini.

Idealnya, Anda dapat menabung sekitar 10% hingga 20% dari penghasilan bulanan Anda. Lebih besar tentu lebih baik, namun jangan sampai Anda mengorbankan pengeluaran-pengeluaran penting untuk menunjang hidup Anda ya.

Menabung diperlukan untuk mencapai suatu tujuan finansial tertentu, misalnya untuk kebutuhan pensiun di hari tua, membeli rumah, atau sekedar pergi berlibur bersama keluarga. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tabungan Anda bertambah lebih cepat.

Simak 5 jurus jitu untuk menambah tabungan kamu dengan cepat berikut:

1. Kurangi atau hilangkan pengeluaran yang tidak penting

Pengeluaran yang tidak penting atau tidak esensial adalah pengeluaran yang tidak wajib dikeluarkan untuk Anda hidup sehari-hari. Kalau Anda sering menghamburkan uang untuk makan junk food, merokok, atau kegiatan lain yang tidak sehat, Anda bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya. Lebih mudah memotong pengeluaran sendiri daripada meningkatkan penghasilan bulanan Anda, bukan?

2. Cari penghasilan tambahan

Kalau Anda merasa sulit untuk mengurangi pengeluaran, maka sudah saatnya Anda menambah penghasilan. Selain berharap dari kenaikan gaji (bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan), Anda juga bisa mencoba untuk membuat bisnis sampingan kecil menengah. Kalau penghasilan Anda sudah naik, jangan lupa untuk tetap berhemat ya.

Baca juga: Benarkah Berhutang Bisa Membuat Kita Miskin? Simak Faktanya!

3. Manfaatkan fasilitas auto-deposit dari bank

Anda bisa memanfaatkan fasilitas auto-deposit yang disediakan oleh bank untuk memindahkan secara otomatis sejumlah tertentu dari rekening transaksi harian ke rekening tabungan. Dengan fasilitas ini, Anda akan dibuat ‘seolah’ lupa dengan jumlah uang yang dipindahkan otomatis tersebut sehingga dana tersebut aman dari jangkauanmu untuk digunakan.

4. Jika dapat diskon atau cash back, masukkan ke saving

Cara ampuh lainnya adalah dengan menggunakan kartu kredit untuk memanfaatkan program diskon atau cash back. Kalau Anda berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, Anda akan sering menjumpai toko atau supermarket yang bekerjasama dengan bank penyedia kartu kredit tertentu untuk program diskon atau cash back.

Jumlah diskon atau cash back ini membantu dalam menambah meningkatkan penghematan yang bisa kamu lakukan setiap bulan. Segera masukkan jumlah tersebut ke dalam rekening tabungan Anda untuk menambah nilai tabunganmu agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya di pengeluaran yang lain.

Baca juga: 7 Tips Belanja Hemat Cerdas untuk Kebutuhan Rumah-Tangga!

5. Selalu simpan uang receh kembalian yang kamu peroleh

Saat Anda membayar untuk makan siang di kantin atau belanja snack di supermarket, seringkali mendapat kembalian dalam bentuk receh. Kumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol toples. Anda akan terkejut sendiri berapa jumlah yang berhasil dikumpulkan dalam satu tahun.

Misalkan Anda menabung receh setiap hari sebesar Rp1.000. Dalam satu bulan (30 hari), kamu dapat mengumpulkan receh hingga Rp30 ribu. Jumlah yang akan terkumpul dalam 1 tahun (12 bulan) adalah Rp360 ribu. Meskipun tidak banyak, jumlah ini tentunya membantu untuk menambah tabungan Anda.

Baca juga: Manfaatkan Uang Receh untuk Ajari Anak Menabung. Simak Tips Fun Melakukannya!

Terapkan prinsip hidup hemat untuk menjamin tabungan Anda dapat bertambah dengan lebih cepat. Jika Anda sedang mencari kartu kredit yang tepat untuk membantu penghematan Anda, maka manfaatkanlah situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id.

Baca Juga

 

(da/da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section